3 WNI Hilang Usai Kecelakaan Kapal Ikan di Jepang

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 26 Juli 2018
3 WNI Hilang Usai Kecelakaan Kapal Ikan di Jepang
ilustrasi kapal (pixabay)

Merahputih.com - Tiga anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal ikan dari Korea Selatan hilang dalam peristiwa kecelakaan kapal di perairan Jepang.

"Kecelakaan dua kapal ikan asal Korea Selatan di peraian Jepang, yang mengakibatkan tiga ABK asal Indonesia hilang hari ini (Kamis, 26/7)," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal dalam pesan singkat yang diterima, Kamis (26/7).

Informasi mengenai kecelakaan kapal dan hilangnya ABK Indonesia tersebut diterima oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul dari Busan Coast Guard.

Pada Kamis (26/7), pukul 07.00 di laut Tokyo, Jepang telah terjadi tabrakan antara dua kapal ikan, yaitu kapal Longline 803 Tongyeongho dan kapal 101 Keumyangho. Kedua kapal tersebut berbendera Korea Selatan.

ilustrasi kapal (pixabay)

Kapal 101 Keumyangho tenggelam, dan ada 18 orang ABK Indonesia di kapal tersebut. Sebanyak 15 orang ABK selamat dan tiga orang ABK hilang di laut.

Sementara beberapa ABK lainnya adalah dari Korea Selatan (tujuh orang), Filipina (enam orang), dan Vietnam (tujuh orang).

"Otoritas Korea tengah mencari ABK yang hilang, termasuk tiga orang dari Indonesia," kata Iqbal dikutip Antara.

Sejauh ini KBRI di Seoul masih terus berkoordinasi dengan otoritas di Korea Selatan, termasuk Busan Coast Guard, untuk proses pencarian. (*)

#Kapal Laut
Bagikan
Bagikan