Musik

3 Tren Industri Musik di 2021

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 11 Januari 2021
3 Tren Industri Musik di 2021
2021 ini akan muncul tren baru dalam dunia musik. (Foto: unsplash/brucemars)

SETIAP tahunnya, dunia musik selalu mengalami perkembangan tren. Mulai dari cara orang mendengarkan musik, hingga teknologi yang digunakan sebagai penyedia layanan musik. 2021 ini diperkirakan akan hadir tren baru dalam musik.

Melansir laman Antara, terdapat tiga tren musik teratas pada 2021, berdasarkan survei Indonesia Music 2021 Outlook oleh Provetic. Ini melibatkan lebih dari 100 responden dari industri musik mulai dari musisi, pencipta lagu, produser, dan pelaku industri musik lainnya.

Baca juga:

Warna Stabilo Diprediksi Jadi Tren Fesyen di 2021

1. Genre lebih beragam

Kolaborasi antar genre sangat diminati. (Foto: unsplash/kylewongs)

Selama pandemi 2020, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari dan menemukan genre baru dalam bermusik sebagai cara untuk menghibur diri.

Ketika orang-orang mulai mendengarkan berbagai jenis genre, hal ini juga akan membuka banyak peluang bagi musisi dari berbagai genre untuk mulai berkolaborasi.

Sebanyak 20 persen responden ingin melihat kolaborasi multi-genre sebagai tren industri musik di 2021. Tren ini juga didukung oleh adanya platform streaming musik.

2. Platform hubungkan musisi dan pendengar

Kolaborasi platform musik dan musisi juga dibutuhkan. (Foto: unsplash/kobebigs)

Pandemi ini membuat berbagai platform streaming musik bekerja lebih ekstra. Tidak hanya menyediakan musik saat bepergian bagi pengguna, namun juga memiliki peran penting dalam industri musik untuk mendukung musisi lokal dan membantu mereka terhubung dengan para penggemar.

Baca juga:

Tren Wisata Domestik dan Alam akan Jadi Tren di 2021

Banyak platform musik yang dinilai berhasil mendekatkan para musisi dengan para penggemarnya. Sebanyak 62 persen responden juga menyetujui bahwa konser virtual akan menjadi sebuah kebiasaan baru di masa depan.

Maka dari itu, kolaborasi antara platform streaming musik dengan musisi benar-benar dibutuhkan. Dari hasil survei, para pelaku industri musik juga berharap platform streaming ikut berperan dalam memenuhi kebutuhan tersebut, terutama dalam hal membangun kolaborasi dengan musisi lokal.

3. Fitur sosial platform streaming makin diminati

Kita tidak akan pernah jauh dari musik dan media sosial. (Foto: unsplash/rxshxxd)

Saat ini, database musik yang lengkap, algoritma yang canggih, dan audio berkualitas tinggi adalah syarat-syarat mendasar yang harus dimiliki platform streaming musik. Namun, terdapat satu hal yang paling menonjol dari yang lain, yaitu fitur sosial.

Seperti yang kita ketahui, musik dan media sosial telah menjadi salah satu cara kita mengekspresikan diri ketika kita sudah tidak bisa berkata.

Hal ini terbukti ketika banyak orang membagikan musik yang mereka sukai, lalu mereka unggah di media sosial. Seringkali hal tersebut mencerminkan perasaan mereka.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 23 persen responden melihat media sosial sebagai salah satu faktor yang mendorong preferensi pada platform streaming musik. (scp)

Baca juga:

Tetap Tren dan Menjanjikan, Yuk Rawat Tanaman Hias di 2021

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan