3 Tips Jitu Memilih Sepatu Olahraga yang Cocok untuk Kakimu Jangan sembarangan menggunakan sepatu untu berolahraga (Foto: Pixabay/Pexels)

BERENCANA untuk memulai hidup sehat dengan memulai untuk berolahraga? Jika iya, maka salah satu hal pasti yang kamu butuhkan adalah sepatu olahraga yang tepat. Pasalnya, kebanyakan kegiatan olahraga memerlukan sepatu olahraga tertentu yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Salah satunya adalah untuk lari. Nah, bagi kamu yang masih pemula. Tentunya masih sedikit bingung bagaimana cara memilih sepatu olahraga yang tepat.

Baca Juga:

Ini Bedanya Sepatu Fitness dengan Casual Sneakers

Sebelum memulai tips di bawah ini, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenal bentuk kakimu. Dilansir dari laman go-dok, berikut tips jitu memilih sepatu olahraga yang tepat untuk kegiatan sehatmu.

1. Perhatikan bagian tumit dan telapak sepatu

3 Tips Jitu Memilih Sepatu Olahraga yang Cocok untuk Kakimu
Tumit dan telapak sepatu olahraga beda dengan sepatu biasa (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jangan sampai kamu salah memilih dalam hal ini ya, karena bagian tumit yang terlalu tinggi atau terlalu rendah ternyata dapat menjadi masalah saat berolahraga lo. Pastikan ukuran hak sepatu olahraga kamu di antara 1,2cm dan 1,9cm.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memerhatikan bagian telapak sepatu olahraga yang akan kamu beli. Kamu harus memastikan tapak sepatu tidak mulus atau berpotensi licin sehingga bisa menyebabkan kamu terpeleset. Ada baiknya kamu harus memilih sepatu yang memiliki gerigi atau pola tertentu yang menonjol di bagian telapak sepatu.

2. Gunakan kaus kaki saat mencoba sepatu

3 Tips Jitu Memilih Sepatu Olahraga yang Cocok untuk Kakimu
Menggunakan kaus kaki akan mempermudah dalam memilih (Foto: Pixabay/StockSnap)

Tips lain untuk memilih sepatu olahraga yang paling pas adalah dengan mencobanya menggunakan kaus kaki saat memilihnya di toko. Dengan menggunakan kaus kaki, Kamu akan lebih mudah dalam memilih sepatu mana yang paling nyaman untuk kaki kamu.

Untuk sepatu olahraga, ada baiknya kamu mencobanya menggunakan kaus kaki yang berukuran tebal, sebagaimana itu dikhusukan dan disarankan untuk dipakai berolahraga.

3. Beli ukuran 1,5 lebih besar dari sepatu yang biasa kamu pakai

3 Tips Jitu Memilih Sepatu Olahraga yang Cocok untuk Kakimu
Ukuran lebih besar untuk menghidari cidera (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Tips terakhir dalam memilih sepatu olahraga yang sesuai untuk kamu adalah dengan tidak menyamakannya dengan ukuran sepatu atau sandal yang kamu gunakan sehari-hari. Ingatlah untuk membeli ukuran sepatu satu nomor atau satu setengah nomor yang lebih besar dari sepatu yang biasa kamu pakai.

Baca Juga:

Puma Fi, Sepatu Olahraga dengan Teknologi Mutakhir

Hal itu dimaksudkan guna menghindari pembengkakan pada jari atau bagian kaki tertentu lainnya, serta yang paling penting menghindari memar dan cedera ringan yang bisa terjadi saat bagian dalam sepatu menggesek bagian kaki kamu. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH