3 Tips Ampuh untuk Mencegah Terjadinya Perselingkuhan dalam Hubungan Cegah perselingkuhan dengan cara ini. (Foto: pixabay/rawpixel)

SELINGKUH merupakan hal yang tidak ada batasan serta patokan jelasnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dianggap sebagai jenis perselingkuhan bagi sebagian orang.

Mulai dari bermain online dating "untuk menambah teman" ketika sudah memiliki hubungan, sampai hanya mengobrol dan bertukar meme di Direct Message terhadap segelintir lawan jenis di Instagram, kegiatan-kegiatan tersebut bisa saja dianggap sebagai perselingkuhan.

Perselingkuhan selalu menjadi musuh dalam selimut di dalam suatu hubungan. Maka dari itu kamu harus selalu mencoba jujur dan menjaga hubungan kamu dengan baik dan tulus. Lantas, bagaimana cara mencegah perselingkuhan ditengah banyaknya celah untuk berselingkuh?

1. Ketahui dulu kenapa orang selingkuh

3 Tips Ampuh untuk Mencegah Terjadinya Perselingkuhan dalam Hubungan
Apa alasan seseorang berselingkuh? (Foto: pixabay/stux)

Sebagai manusia, kita semua adalah mahkluk yang yang ingin kebutuhannya selalu terpenuhi. Menurut Connell Barrett, seorang ahli percintaan, mengatakan bahwa setiap hari kita mencari pemenuhan atas emosional dasar yang kita butuhkan.

Orang berselingkuh karena alasan yang sangat simpel, yaitu ketika kebutuhan mereka tidak terpenuhi jadinya mereka pergi mencari pemenuhan kebutuhan di tempat lain.

Meskipun terdengar klise, tetapi Jor-El Caraballo, sebuah terapis hubungan mengatakan bahwa komunikasi merupakan jantung dari hubungan percintaan. Ketika berselingkuh, ada banyak informasi emosional yang tidak diketahui pasangannya, emosi-emosi itu bisa jadi adalah kejenuhan, trauma, overthinking, atau ada miskomunikasi lain yang tidak pernah dikomunikasikan dengan pasangan sebelumnya.

2. Cegah perselingkuhan dengan cara membuat satu sama lain merasa diinginkan

3 Tips Ampuh untuk Mencegah Terjadinya Perselingkuhan dalam Hubungan
Ingatkan pasangan setiap hari bahwa mereka berharga. (Foto: pixabay/pexels)

Hubungan percintaan diibaratkan seperti sedang merawat bunga. Dibutuhkan pemeliharaan yang konstan, takaran air yang pas, serta sinar matahari yang cukup.

Hal paling kuat yang bisa kamu lakukan untuk menjaga suatu hubungan adalah dengan membentuk tim dimana kedua belah pihak merasa dihargai, dipedulikan, dan dibutuhkan.

Carilah cara baru setiap hari untuk bisa membuat pasanganmu merasa dibutuhkan, mulai dari memberikan pujian-pujian kecil kepada pasangan, menyatakan rasa sayang, mengungkapkan rasa rindu, dan juga berbagi rahasia berdua.

3. Komunikasikan tentang gairah bercinta

3 Tips Ampuh untuk Mencegah Terjadinya Perselingkuhan dalam Hubungan
Bersikap jujur satu sama lain meskipun kebenaran tidak selalu menyenangkan untuk dibicarakan. (Foto pixabay/windsing)

Perselingkuhan sebagian besar terjadi karena ketertarikan seksual terhadap orang lain dan tidak jarang pasangan enggan membicarakan ketertarikan serta imajinasi seksual satu sama lain.

Jika kamu kurang puas secara seksual, carilah jalan keluar dengan berdiskusi secara jujur dengan pasanganmu, bukan berselingkuh. Seorang psikoterapis dan penulis buku, Tina B. Tessina mengatakan bahwa bersikap jujur bukan hanya mengatakan kebenaran, tetapi juga mau mendengarkan pengakuan jujur satu sama lain.

Dalam pembicaraan yang jujur, meskipun terkadang satu pihak tidak menyukai apa yang didengarnya, tetapi pihak tersebut akan tetap mencintai pihak lainnya, dan kedua belah pihak akan berusaha mencari jalan keluar untuk mencapai kesepakatan yang membahagiakan kedua belah pihak. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH