3 Tempat Favorit Belanja Batik di Yogyakarta Tugu Putih sekaligus penanda peradaban Yogyakarta (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Hari ini, 2 Oktober, merupakan Hari Batik Nasional. Tak salah bila Anda menjadikan tempat-tempat kerajinan batik sebagai destinasi wisata hasil budaya tradisi ini. Selain tempat perajin sebagai destinasi wisata, tentu Anda ingin mencari tempat berbelanja batik.

Di Yogyakarta terdapat banyak tempat untuk belanja batik. Hampir semua di tempat ini menyediakan varian batik dan batik dari luar Yogyakarta. Di antaranya batik khas Solo, batik khas Cirebon, dan batik khas Pekalongan.

Masing-masing daerah produsen batik tersebut memiliki ciri khasnya. Sebut saja batik khas Solo, yang terkenal akan batik motif khas parangnya. Motif ini sudah cukup familiar dan paling diburu pecinta batik.

Berdasarkan penelusuran merahputih.com, ada tiga tempat utama berbelanja batik di Yogyakarta. Ketiganya memang sudah cukup dikenal di kalangan pecinta batik di Yogyakarta. Yuk simak ketiga tempat belanja batik tersebut.

Pasar Beringinharjo Yogyakarta tak hanya jadi pusat jajanan tapi juga batik (Foto: MP/Fredy Wansyah)

1. Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo merupakan pasar andalan Yogyakarta dalam jual beli cinderamata khas Jawa. Di sini tersedia berbagai jenis pakaian batik dan souvenir unik. Mulai dari kaos batik, celana batik, kemeja batik, selendang batik, sepatu dan sandal batik, hingga berbagai jenis pakaian wanita bermotif batik. Begitu juga dengan souvenir, mulai dari miniatur wayang, sepeda ontel, gantungan kunci batik, hingga berbagai pernak-pernik lainnya.

Harga yang ditawarkan sangat murah bila pembeli teliti. Sebaliknya, bila tidak teliti justru menjadi "sasaran empuk" pedagang. Misalnya, harga kaos batik mulai dari Rp12.500 hingga Rp40.000. Harga kemeja batik mulai Rp25.000 hingga Rp75.000. Harga blues batik dari Rp25.000 hingga Rp90.000. Bila tidak teliti atau tanpa tawar-menawar, harga-harga tersebut akan dinaikkan dua kali lipat.

Pasar Beringharjo menyediakan berbagai jenis motif batik. Mulai dari batik khas Pekalongan, batik khas Solo, batik khas Cirebon, hingga batik Jogja. Begitu pula souvenirnya, mulai dari souvenir kerajinan tangan khas Solo hingga kerajinan tangan Jawa Timur.

Kawasan Prawirotaman, Yogyakarta (Foto: MP/Fredy Wansyah)

2. Kampung Prawirotaman

Nama Prawirotaman tak lepas dari sejarahnya terbentuknya kawasan ini. Awalnya, Keraton Yogyakarta memberi sebidang tanah kepada salah prajurit yang berjasa, yakni Prawirotomo. Sejak saat itulah kawasan ini dikenal sebagai kawasan Prawirotomo. Namun, baru awal abad 19 kawasan ini mulai dikenal luas dari mulut ke mulut, hingga akhirnya menjadi sentra industri pariwisata. Saat itu keluarga Prawirotomo mengelola industri batik yang cukup terkenal.

Sejak saat itulah industri batik di Prawirotaman mulai dikenal luas. Selain memproduksi sendiri, kawasan ini juga terkenal akan banyaknya lapak gerai batik bermerek. Hampir semua gerainya terbilang elit, dengan menawarkan batik-batik bermerek kelas atas.

Tak hanya batik khas Yogyakarta, di Kampung Prawirotaman juga terdapat batik-batik dari luar Yogyakarta. Di antaranya batik Pekalongan dan batik Solo.

Kawasan Malioboro Yogyakarta (Foto: MP/Fredy Wansyah)

3. Malioboro
Jalan Malioboro telah menjadi ikon Kota Yogyakarta. Hampir setiap wisatawan lokal maupun mancanegara menyempatkan diri mampir ke Malioboro untuk sekadar berjalan menikmati Kota Yogyakarta.

Selain menikmati perjalanan yang menampilkan kekhasan Jawanya, Malioboro juga memiliki ratusan lapak pedagang batik. Hampir dari ujung utara hingga ujung selatan jalan ini pedagang berjajar. Semua menawarkan pakaian serba batik.

Selain Pasar Beringharjo, kawasan inilah yang direkomendasikan untuk wisatawan yang ingn berburu batik dengan harga miring. Di sini harga satu kaos batik Rp15.000 masih bisa ditemui. Hanya saja, bagi wisatawan disarankan untuk jeli melakukan tawar-menawar.

Itulah tiga tempat yang layak untuk Anda jadikan target berburu batik di Yogyakarta. Selain ketiganya, ada satu lagi yang patut Anda jadikan alternatif. Tempat tersebut ialah Mirota Batik. Di sini juga terdapat banyak jenis batik. Mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Pekalongan, hingga khas Cirebon. Harganya juga lumayan murah.(Fre)

BACA JUGA:

  1. 4 Tempat Wisata Kerajinan Batik di Yogyakarta
  2. Peringati Hari Batik, Warga Solo ‘Membatik Langit’
  3. Selamat Hari Batik Nasional 2016
  4. Kravasia.com Gandeng Pengrajin Batik Untuk Perkenalkan Warisan Budaya
  5. Batik Khas Tangerang Jadi Seragam Parpol Malaysia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH