Kesehatan Mental

3 Tanda Kamu Butuh Bantuan Terapi

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 05 Januari 2022
3 Tanda Kamu Butuh Bantuan Terapi
Traumatis belum tentu butuh terapi. (Foto: Pexels/Prasanth Inturi)

PERISTIWA traumatis tidak selalu merupakan indikator utama kamu membutuhkan terapis. Kebanyakan orang mempertimbangkan untuk memulai terapi sebagai respons terhadap peristiwa kehidupan yang traumatis. Namun, indikasi kamu membutuhkan terapi tidak selalu sejelas itu.

Terkadang tanda-tanda bahwa kamu membutuhkan terapis lebih samar, kata Dr. Erin Berman, psikolog klinis dan peneliti di National Institute of Mental Health, AS. Perubahan dalam pola makan dan tidur; rasa stres yang tak henti-hentinya; dan ketidakmampuan untuk mengikuti pekerjaan dan tanggung jawab pribadi.

Baca Juga:

Pasangan Kamu Belum Siap Menikah? Lakukan Tips Berikut

terapi
Peristiwa traumatis tidak selalu merupakan indikator utama kamu membutuhkan terapis. (Foto:123RF/flynt)

Bahkan jika menurutmu gejala yang disebutkan di atas tidak kamu alami, bertanya pada diri sendiri apakah kamu membutuhkan terapis bisa menjadi tandanya sendiri. "Jika seseorang menyimpan gagasan bahwa terapi dapat membantunya. Itu indikasi yang baik mereka bila ingin mempertimbangkan pilihan terapi," kata Berman.

Berikut tiga tanda kamu membutuhkan terapi untuk kesehatan mental seperti diberitakan marthastewart.com. Berman juga menambahkan, kamu dapat berbicara dengan beberapa terapis untuk melihat dengan gejala yang kamu alami, apakah ini saat yang tepat untuk mencoba terapi.

Masalah kesehatan fisik

terapi
Siklus tidur adalah indikator yang sangat baik bahwa ada sesuatu yang mungkin salah. (Foto: 123RF/pressmaster)


Stres mental dan emosional seringkali dapat termanifestasi dalam perubahan kesehatan fisik, kata Dr. Berman. "Mulailah dengan melihat dasar-dasarnya. Siklus tidur adalah indikator yang sangat baik bahwa ada sesuatu yang mungkin salah, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, atau mengalami gangguan tidur. Tanda lainnya adalah makan terlalu banyak atau terlalu sedikit," katanya.

"Juga, perubahan nyata dalam tingkat energi penting untuk diperhatikan, entah perasaan bahwa kamu memiliki terlalu banyak energi atau merasa kelelahan yang berlebihan." Jika kamu menemukan gejala-gejala ini sebagai parah selama lebih dari dua minggu, inilah saatnya untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengesampingkan komplikasi fisik dan terhubung dengan spesialis kesehatan mental.

Tidak dapat memenuhi tanggung jawab

terapi
Jika kamu tidak dapat memenuhi tanggung jawab sehari-hari karena perubahan suasana hati, carilah terapis. (Foto: Pexels/cottonbro)


Jika perasaan sedih, stres, atau kecemasan mulai mengganggu rutinitas harian, itu tanda lain yang jelas bahwa kamu bisa mendapat manfaat dari terapi.

Ketika kamu merasa sedih selama beberapa hari—tetapi masih dapat melakukan pekerjaan secara efisien, menyelesaikan tugas-tugas, dan merawat anak-anak, kamu mungkin dapat mengangkat suasana hati dengan aktivitas perawatan diri seperti olahraga, tidur lebih banyak, atau bersosialisasi dengan teman juga dapat membantu.

Namun, jika kamu tidak dapat memenuhi tanggung jawab sehari-hari karena perubahan suasana hati, pertimbangkan untuk mencari terapis yang dapat membantu.

Baca Juga:

Pasangan Selingkuh? Jangan Cengeng, Hadapi Saja

Stres kronis

terapi
Orang mungkin mencari terapi untuk meningkatkan kemampuan mereka menghadapi stres sehari-hari. (Foto: Unsplash/Joice Kelly)


Sudah umum bagi orang untuk beralih ke terapi selama atau setelah peristiwa traumatis seperti penyakit mematikan, perceraian, atau PHK. "Banyak individu memiliki peristiwa tertentu yang dapat menjadi pemicu," kata Dr. Berman, "seperti kehilangan pekerjaan, kematian orang yang dicintai, atau mengakhiri atau memulai suatu hubungan."

Namun, banyak orang lain memulai terapi untuk mempelajari cara-cara yang dapat membantu mereka menghadapi tekanan hidup yang terus-menerus secara umum, mulai dari mencapai tujuan profesional, atau menjaga pernikahan, hingga mengurangi kecemasan, atau untuk mengurangi teriakan pada anak-anak.

"Orang mungkin mencari terapi untuk meningkatkan kemampuan mereka menghadapi stres sehari-hari, fokus pada pengasuhan anak, meningkatkan ikatan hubungan, dan banyak lagi alasan lainnya," jelas Dr. Berman.

Kesulitan berlebihan yang dihadapi tiap hari dan tidak juga hilang, menurutnya adalah salah satu tanda paling jelas bahwa kamu mungkin membutuhkan manfaat terapi. (aru)

Baca Juga:

Mengenal Selfitis, Perilaku Kecanduan Swafoto

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan