3 Sumber Protein Rendah Lemak yang Cocok Untuk Diet Sehat dan Seimbang

annehsannehs - Kamis, 29 Juli 2021
3 Sumber Protein Rendah Lemak yang Cocok Untuk Diet Sehat dan Seimbang
Tahu goreng. (Foto Healthline)

PROTEIN menjadi asupan yang penting ketika hendak menjalani diet sehat dan seimbang. Meski begitu, terkadang makanan yang kaya protein juga memiliki lemak dan kalori yang berlimpah.

Yang ada, kamu bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh harian, tetapi kadar lemak dan kalori yang tinggi malah membuatmu makin gemuk dan tidak sehat. Untungnya, ada beberapa sumber protein hewani dan nabati tanpa atau rendah lemak yang bisa membantumu untuk menjaga pola makan yang sehat.

Dilansir dari Healthline, berikut merupakan empat sumber protein rendah lemak yang baik untuk diet sehat dan seimbang.

Baca juga:

5 Akibat dari Makan Terlalu Cepat

1. Ikan berdaging putih

View this post on Instagram

A post shared by Alun Rahmadani (@alunrahma)

Menurut Food and Drug Administration (FDA), kebanyakan ikan yang dagingnya berwarna putih merupakan sumber protein rendah lemak. Ikan berdaging putih hanya mengandung di bawah 3 gram lemak, 20-25 gram protein, dan 85 sampai 130 kkal per 100 gram penyajian ikan yang telah dimasak.

Contoh ikan berdaging putih yang sangat rendah lemak dan tinggi protein antara lain ikan cod, nila, halibut, haddock, flounder/ikan sebelas, pollock.

2. Plain Greek yogurt

Makanan fermentasi seperti yogurt telah dikenal akan manfaatnya terhadap kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, plain Greek yogurt ternyata juga merupakan sumber protein yang rendah lemak.

Dilansir dari Healthline, penyajian satu porsi Plain Greek Yogurt (170 gram) mengandung 15-20 gram protein, jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah protein dari seporsi yogurt biasa yang hanya mengandung 9 gram protein saja per porsi.

Yogurt Yunani mengandung protein yang lebih tinggi karena proses pembuatannya yang melibatkan penyaringan untuk menghilangkan cairan whey sehingga hasil yogurt-nya mengandung lebih banyak protein.

Baca juga:

Kasus Aktif COVID-19 Jakarta Terus Turun, Warga Tetap Diminta Perketat Prokes

3. Tahu

View this post on Instagram

A post shared by Ramano. (@ramanokram)

Jika kamu menginginkan sumber protein nabati, tahu putih bisa menjadi pilihan yang baik untukmu. Menurut penelitian dari Nutrition Data, 85 gram tahu mengandung 45 kalori, 1,5 gram lemak, dan 7 gram protein.

Tahu juga menjadi sumber protein yang bisa diolah untuk berbagai resep makanan mulai dari hidangan utama yang digoreng, dibakar, direbus, sampai dikukus. Tahu juga bisa dijadikan sup dan dessert. (SHN)

Baca juga:

Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan