3 Restoran di Jakarta yang Menyajikan Nasi Mandi, Suguhan Makan Siang Raja Salman untuk Jokowi Nasi mandi punya tekstur lembut dari embun kaldu daging. (foto: Instagram @nafoodholic)

SAJIAN Timur Tengah bukan cuma kebuli dan nasi briyani. Ada juga sajian nasi mandi. Nama nasi mandi berasal dari kata bahasa Arab 'nada' yang berarti embun. Hal itu sesuai dengan tekstur nasi yang lembap dengan 'embun' dari daging.

Embun untuk nasi mandi didapat dari proses memasak nasi bersama daging dalam tandoor selama 8 jam. Daging kambing direbus dalam bumbu hingga lunak. Kaldu daging akan digunakan untuk memasak nasi basmati di bagian bawah tandoor. Sementara itu, daging akan digantungkan di atas nasi.

Hasilnya, sajian nasi nikmat berwarna putih dan kuning. Warna kuning didapat dari penggunaan bumbu safron. Nasi mandi diasjikan bersama daging kambing. Tak lupa di atasnya ditaburi kismis, kacang pinus, atau kacang tanah.

Awalnya, hidangan lezat ini merupakan makanan tradisional dari selatan semenanjung Arab. Di daerah Mesir, Levant, hingga Turki, nasi mandi jadi hidangan pokok yang populer. Kalau di Indonesia, khususnya di Jakarta, kamu bisa mencoba kelezatan nasi mandi di restoran-restoran berikut.


1. Hadramout Restaurant

hadramout restaurant, nasi mandi
Sajian nasi mandi di Hadramout porsinya bisa buat ramai-ramai. (foto: Instagram @halalfoods)


Layaknya restoran khas Timur Tengah, di Hadramout, kamu akan menikmati makanan dengan lesehan. Restoran ini terletak di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta.

Porsi nasi mandi di sini terbilang cukup besar. Setengah porsi saja, kamu bisa menikmati bersama 1-2 orang teman. Besar kan? Jadi bagusnya sih kamu ke sini ramai-ramain. Untuk pilihan daging, kamu bisa memilih ayam atau kambing.


2. Abunawas Restaurant

abunawas restaurant
Kamu bisa memilih ruangan privat untuk menikmati nasi mandi di restoran Abunawas. (foto: Instagram @abunawasrestaurant)


Selain menyediakan nasi biryani, restoran Abunawas juga menyajikan nasi mandi yang enggak kalah enak. Nasi mandi ditawarkan dengan pendamping daging ayam atau kambing. Kamu juga bisa mencoba berbagai hidangan khas Timur Tengah di restoran yang terletak di Jalan Matraman Raya No 15, Matraman, Jakarta, ini.

Kamu bisa memilih makan lesehan atau duduk di kursi. Enaknya lagi nih, kamu bisa datang bersama teman atau pacar dan memilih di makan di dalam ruangan yang lebih privat.

Cobain juga kebab dan samosa di resto ini. Biar pengalaman makan kamu lengkap, akhiri dengan hidangan penutup yang manis ala Timur Tengah.

3. Al Jazeerah Restaurant & Cafe

al jazeerah restaurant and cafe
Porsi besar pas buat sharing. (foto: Instagram @eatandtreats)


Di kawasan Cikini, tepatnya di Jl Raden Saleh No 58, Cikini, Jakarta Pusat, ada restoran dan lounge dengan sajian Timur Tengah. Dari banyak menu yang disajikan, ada mandi laham yang merupakan perpaduan nasi dengan bumbu khas Arab dengan minyak samin plus daging kambing yang nikmat. Enggak hanya daging kambing, nasi mandi dengan daging ayam juga tersedia di sini.

Meski pengaturan tempat makan di restoran ini ala fine dining, restoran ini sih lebih ke casual dining. Jadi jangan ragu untuk datang bersama teman atau keluarga kamu ya. Porsi makanan yang besar juga asyik buat sharing.

Buat kamu yang enggak terlalu terbiasa makan sajian berempah, makanan di sini bisa dikatakan mild dalam rempah. Namun, rasa makanannya tetap enak.


Bagaimana, jadi ngiler pengin icip kan? Yuk, cobain untuk menu makan malam. (dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH