3 Resiko Penggunaan VPN Untuk Komputer dan Smartphone Resiko penggunaan VPN untuk HP dan komputer (Foto: unsplash/Petter Lagson)

AKIBAT dari aksi damai 22 Mei lalu, Menkominfo membatasi fitur dari semua media sosial. Baik dalam hal chat, unggah atau unduh file, hingga kabar berita, atau news feed. Hal itu dilakukan untuk mengurangi adanya potensi penyebaran hoaks. Namun, pembatasan itu bisa tidak kita alami jika menggunakan aplikasi Virtual Private Network atau VPN. Akan tetapi, penggunaan VPN sangatlah beresiko dan berbahaya. Seperti apa bahayanya? Yuk simak daftar di bawah ini.

1. Rawan Pencurian Data Pribadi

3 Resiko Penggunaan VPN Untuk Komputer dan Smartphone
VPN mampu mencuri data pribadi yang tersimpan di perangkat (Foto: PCMag.com)

Jika anda sering menyimpan password anda di browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Ketika anda menggunakan VPN, aplikasi ini bisa saja mengambil data-data pribadi yang tersimpan dalam browser.

Meski tidak semua VPN berbuat seperti itu, ada beberapa VPN yang gratis yang mengambil data pribadi penggunanya. Dan yang paling sering digunakan adalah cache dan cookies pengguna.

2. Gunakan VPN Gratis yang Dibuat Oleh Perusahaan Kemanan Siber

3 Resiko Penggunaan VPN Untuk Komputer dan Smartphone
Jangan gunakan VPN dari perusahaan abal-abal (Foto: Times Square Chronicles)

Jika VPN gratis dibuat oleh perusahaan spesialisasi keamanan siber. Maka sudah dipastikan VPN tersebut aman digunakan. Akan tetapi, jika dibuat oleh perusahaan yang tidak dikenal bahkan publisher tidak diketahui.

Maka akan rawan menjadi aplikasi phising yang mampu mengendalikan dan mengambil data-data pengguna tanpa sepengetahuan kita. Atau biasanya, akan muncul iklan-iklan tidak selayaknya (adware).

3. Turunnya Kecepatan Internet

3 Resiko Penggunaan VPN Untuk Komputer dan Smartphone
Penurunan kecepatan internet jika menggunakan VPN (Foto: Bell Time Magazine)

Memang benar, salah satu kegunaan VPN adalah melewati adanya pemblokiran suatu koneksi. Akan tetapi, jika hal tersebut dipaksa untuk tetap digunakan.

Kecepatan koneksi internet yang seharusnya bisa kita nikmati secara normal. Harus berkurang dengan penggunaan VPN.

Jika kamu adalah pelanggan dari penyedia jasa internet dengan kecepatan tertentu. Maka anda sendiri akan rugi dan juga rawan terkena serangan data privasi dari komputer yang anda pakaikan VPN atau smartphone. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH