Pendidikan

3 Rekomendasi Self Help Books untuk Rayakan Hanjaba

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 24 Agustus 2022
3 Rekomendasi Self Help Books untuk Rayakan Hanjaba
Ayo segera baca buku. (Foto: Unsplash/Alexander Grey)

SELAMAT Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba). Situs resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menuliskan tiap 24 Agustus diperingati sebagai Hanjaba. Dengan adanya hari penting ini, masyarakat DKI Jakarta diajak untuk mengingat kembali pentingnya menumbuhkan semangat membaca sejak dini.

Buku adalah jendela dunia, yang dapat membuka dan memperluas wawasan seseorang tentang berbagai hal, dalam berbagai bidang. Beberapa buku, dalam hal ini, ditulis untuk membantu pembaca menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri, atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai self help books.

Baca Juga:

Membaca dalam Suasana Cozy di Kineruku Bandung

Tumbuhkan semangat baca sejak dini. (Foto: Unsplash/Asterisk Kwon)

Buku tersebut memungkinkan pembaca untuk mentransformasi kehidupan mereka dengan berbagai cara. Dalam rangka memperingati Hanjaba, berikut empat buku self help yang dapat menjadi pertimbangan untuk dibaca.

1. Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones

Atomic Habits merupakan buku tulisan James Clear, salah satu pakar habit formation ternama di dunia. Dalam bukunya, Clear menjelaskan cara untuk membangun kebiasaan yang baik, berhenti melakukan kebiasaan yang buruk, dan hal-hal kecil yang bisa membuahkan hasil yang luar biasa.

Sepanjang membaca, kamu akan terinspirasi oleh peraih medali emas dalam olimpiade, artis pemenang penghargaan, pemimpin perusahaan, dan komedian sukses yang sudah menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik dan menjadi yang terbaik dalam bidangnya.

Baca Juga:

Bangun Kebiasaan Membaca dengan 6 Cara Ini

2. The Gifts of Imperfection

Setiap hari, kita dihadapkan dengan pemikiran orang-orang di sekitar kita tentang siapa kita dan bagaimana kita harus bertindak. Kita dituntut untuk selalu ada dalam keadaan yang baik-baik saja atau kita akan merasa tidak berdaya. Mungkin kamu juga pernah khawatir kalau tidak bisa memenuhi ekspektasi orang lain.

Maka dari itu, dalam The Gifts of Imperfection, Brene Brown, Ph.D., menjelaskan bagaimana seseorang bisa bangun di pagi hari dengan keyakinan bahwa tidak ada salahnya jika kita tidak berhasil dalam melakukan sesuatu asalkan sudah berusaha. Kamu akan sadar meski tidak sempurna, bukan berarti kamu tidak layak untuk dicintai orang lain.

Cari pengetahuan di blog ruangguru. (Foo: Ruangguru)

3 How to Win Friends and Influence People

Sejak dirilis pada tahun 1936, buku ini telah terjual lebih dari 15 juta kopi. Sang penulis, Dale Carnegie, percaya bahwa kita bisa membuat segala situasi membawa manfaat bagi kita. Melalui buku ini, kita akan diperkenalkan pada enam cara membuat orang lain menyukai kita, 12 cara memengaruhi orang lain, dan sembilan cara mengubah orang lain tanpa menimbulkan perselisihan.

Selain membaca buku, kamu juga bisa memperluas wawasanmu dengan membaca berbagai blog yang menyajikan informasi yang tak kalah bermanfaat dengan yang ada di dalam buku. Salah satunya adalah dengan mengunjungi blog ruangguru. (ikh)

Baca Juga:

Tips Belajar Kilat Bahasa Asing ala Fiki Naki

#Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan