3 Rapper Asia yang Berhasil Tembus Pasar Dunia Musik rap sebagai sarana berekspresi yang lebih bebas (Foto: Pexels/Aleksandr Neplokhov)

MENDENGAR kata rap, kebanyakan referensi yang muncul adalah dari barat. Mengingat genre rap sendiri pertama kali populer di Amerika. Kemudian menjamur menjadi jenis musik baru. Rap sendiri merupakan jenis musik yang memiliki cara berekspresi paling bebas. Lirik yang tertuang pun meliputi perasaan hati, keadaan sosial, hingga sindiran untuk rapper lain.

Kebanyakan rapper yang terkenal saat ini berasal dari barat. Sebut saja Eminem, Kendrick Lamar, dan Travis Scott. Tapi perlu diketahui, bahwa rapper yang berasal dari Asia kini bisa dikatakan memiliki kualitas yang tidak kalah dari rapper barat. Sebagian dari mereka sukses berkarir di barat, dengan label yang menaungi dan musik yang mereka buat.

Baca juga:

Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Idola Generasi Z

Sebagian dari mereka memulai karir sebagai rapper lokal dari tempat mereka berasal. Bermodalkan platform media sosial mereka memperkenalkan musik mereka, sehingga label pun melirik bakat mereka. Berikut tiga rapper Asia yang berhasil mendunia berkat musiknya.

1. Rich Brian

3 Rapper Asia yang Berhasil Tembus Pasar Dunia
Rich Brian, rapper asal Indonesia yang mendunia (Foto: Hypebeast)

Bernaung pada label 88rising, rapper yang satu ini berasal dari Indonesia. Rich Brian memulai karirnya dengan membuat lagu dan mengunggahnya ke platform YouTube.

Rich Brian sendiri mulai terkenal sejak lagunya yang berjudul Dat $tick viral secara global. Dengan views puluhan juta, membuat Rich Brian tidak lepas dari pantauan label 88rising yang saat ini menaunginya.

Setelah masuk dalam jajaran artis 88rising, Rich Brian atau yang sebelumnya menggunakan nama panggung Rich Chigga ini mengeluarkan album debutnya, Amen. Respon dari album ini terbilang besar, mengingat Rich Brian menjadi artis asia pertama yang menduduk puncak iTunes dalam kategori hip-hop.

Dan belum lama ini Rich Brian mengeluarkan album terbarunya dengan judul The Sailor. Dalam lagu awal yang dirils, yaitu Yellow, Rich Brian mengejutkan penggemarnya dengan mengubah vokal suaranya.

Baca juga:

Menengok Sejarah dan Kebangkitan Hip-hop Indonesia

2. Higher Brothers

3 Rapper Asia yang Berhasil Tembus Pasar Dunia
Higher Brothers, grup rap asal Tiongkok yang berkarir di Amerika (Foto: Hypebeast)

Masih satu label dengan Rich Brian, Higher Brothers adalah grup rap asal Tiongkok yang terdiri dari empat orang, yaitu Masiwei, Psy. P, Melo, dan DZ Know.

Dengan lirik campuran antara bahasa inggris dan bahasa mandarin, membuatnya grup ini terkenal baik di Tiongkok maupun di Barat.

Grup ini bahkan mendapat perhatian dari rapper terkenal barat lainnya, mulai dari Migos, Lil Yatchy, dan KYLE. Selain itu Higher Brothers pun juga telah berkolaborasi dengan rapper terkenal lainnya, yaitu Ski Mask God.

3. Kris Wu

3 Rapper Asia yang Berhasil Tembus Pasar Dunia
Kris Wu, mantan member boyband EXo yang sekarang berkarir sebagai rapper (Foto: hypebeast)

Seorang mantan anggota boyband asal Korea, EXO. Merupakan seroang aktor dan juga rapper asal Tiongkok. Kris Wu dapat sukses sebagai rapper asal Asia berkat ketenarannya saat masih tergabung dalam boyband.

Selain itu, Kris Wu juga merupakan orang yang mempernalkan dunia hip-hop secara massal di Tiongkok dengan membawakan acara kompetisi rap. Dengan menyukseskan acara tersebut, Kris Wu juga berpartisipasi dalam mempopulerkan rap di Tiongkok.

Kris Wu sendiri juga merupakan rapper yang sukses di Amerika. Sebut saja kolaborasi Kris Wu dengan Travis Scott dan Rich Brian. (jhn)

Baca juga:

Membesarkan Nama Hip-hop, 7 Rapper ini Belum Pernah Memenangi Grammy Awards


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH