3 Pengusaha Sukses di Indonesia yang Cuma Tamatan SD Eka Tjipta Widjaja

PENGUSAHA sukses di Indonesia cukuplah banyak. Mereka lahir dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kesempatan menyelesaikan jenjang pendidikan tertinggi, ada juga yang tidak sampai lulus sekolah dasar. Tetapi, tiga pengusaha ini tetap bisa sukses. Lalu, apa rahasianya?

Kesuksesan seseorang memang tidak ada yang tahu. Takdir seseorang memang cukup unik. Tetapi, ada beberapa kunci yang membuatnya bisa sukses sekarang. Yakni, bisa menikmati kesuksesannya dan berbagi kisah menarik yang menginspirasi banyak orang.

Di sini, kami akan mengulas profil dari pengusaha sukses nusantara yang hanya tamatan sekolah dasar, serta mengulas tentang kunci kesuksesannya. Jadi, mari perhatikan dengan seksama di bawah ini!

Berikut 3 Pengusaha Sukses Lulusan SD di Indonesia

Basrizal Koto

Basrizal Koto. Foto: Net

Basrizal Koto adalah salah satu konglomerat yang memiliki kekayaan sangat besar di nusantara. Dirinya berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Memiliki bisnis yang mampu menggerakkan roda perekonomian Indonesia, terutama mengomandani bisnis batu bara.

Pengusaha yang dikenal dengan Basko ini dulunya adalah seorang anak buruh tani. Masa kecilnya terbilang cukup pahit, serba kekurangan. Betapa tidak, setiap harinya Basko hanya mampu makan satu kali dalam sehari.

Masa kecilnya juga tidak menyenangkan dibandingkan orang lain. Basrizal Koto hanya bisa mencicipi bangku SD saja. Bahkan, dirinya tidak mampu menyelesaikan sekolah di jenjang sekolah dasar. Pendidikannya terhenti di kelas 5 SD.

Di masa yang serba sulit, Basko memutuskan untuk merantau setelah membuat keputusan berhenti dari sekolah. Hal pertama yang dilakukan adalah pergi merantau ke Riau.

Bisnis pertama yang dijalankan adalah berjualan pete. Menariknya, dirinya tidak mengeluarkan modal sepeser pun. Modalnya adalah kepercayaan dari pemilik dagangan. Tetapi, dirinya mampu menjawab kepercayaannya, dan terbilang sukses dalam usaha ini.

Selain berdagang, Basko juga pernah menjajal profesi lainnya. Di antaranya adalah menjadi kenek angkutan umum, tukang jahit, dan supir. Bahkan, dirinya juga pernah menjajal untuk membuka dealer mobil yang terhitung berhasil.

Sampai di tahun 2006, peruntungannya mulai membuahkan hasil. Profesi lain dijalani, membuatnya mampu menaklukkan rintangan. Menjadikan dirinya sebagai salah satu pengusaha sukses.

Profesi yang dimaksud adalah menjadi pengusaha batu bara. Berangkat dari pengalaman dagangnya, pengalamannya diterapkan dalam bisnis batu bara ini. Hasilnya, Basko mampu menjadi seorang pengusaha sukses di bisnis ini.

Di tahun yang sama, Basrizal Koto ini juga membuka layanan pemasangan internet, pusat perbelanjaan, percetakan, property, sampai hotel. Bisnisnya mulai diperluas dan hampir kesemuanya mengalami kemajuan sampai saat ini.

Kunci utamanya adalah komunikasi, kesempatan dan komitmen. Ini adalah kunci yang berasal dari pesan ibunya yang dipegang. Dan dirinya mampu menerapkannya, sampai akhirnya mampu menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Lanny Siswadi

Lanny Siswadi. Foto: ist


Lanny Siswadi adalah salah satu pengusaha wanita tersukses di Indonesia. Dirinya lahir di Madiun, Jawa Timur tahun 1958 silam. Bisnis yang dijalankan adalah kuliner. Terutama berbentuk sambal.

Awal kisahnya dimulai dari kepindahannya dari Madiun ke Surabaya. Perpindahan tempat tinggal ini disebabkan oleh situasi yang kurang kondusif di daerahnya. Tepatnya, ketika kotanya didera pemberontakan PKI masa lampau.

Lanny yang sejatinya masih duduk di bangku SD kelas 4 akhirnya memutuskan berhenti dan pindah ke Surabaya. Perjalanan hidupnya cukup panjang. Sampai akhirnya dirinya dewasa dan menikah dengan Rudy Siswadi.

Permulaan bisnis yang membawanya meraih kesuksesan ini diawali dari hal yang kreatif. Bisa dibilang tidak disengaja. Yakni ketika mengulek sambal.

Lanny membuat sambal dengan campuran ikan hasil tangkapan suaminya. Rasanya begitu nikmat, dan ternyata diminati oleh banyak orang. Inovasi inilah yang menjadi cikal bakal munculnya sambal bu Rudy yang melegenda di kota pahlawan.

Bahkan, wajah dari Lanny Siswadi ini terpampang di sambal legendaris bu Rudy. Tepatnya di kota pahlawan.

Cita rasa yang enak dari sambal ini mulai dikenal oleh masyarakat, dan terus meluas dari mulut ke mulut. Sampai akhirnya, Lanny memperluas bisnisnya dengan membuka usaha kuliner pecel Madiun dengan menu andalan nasi sambal udang.

Kepopulerannya semakin terlihat, memberikan kesempatan lebih luas untuk memperlebar cakupan usahanya. Akhirnya, Lanny juga membuka usaha yang berhubungan dengan camilan dan oleh-oleh.

Bisnis kuliner dan sambal bu Rudy inilah yang kemudian menjadi titik awal kesuksesannya. Menariknya, omzet jualannya sampai ratusan juga perbulannya. Tak heran jika dirinya menjadi salah satu pengusaha kuliner yang sukses di nusantara.

Kunci utama dari kesuksesan pengusaha sukses di Indonesia ini adalah inovasi dan strategi marketing. Memang strategi marketingnya ini tidak semodern sekarang, tetapi dampaknya sangatlah besar.

Terbukti jika strategi marketing yang tidak pernah dipelajari di bangku SD ini berhasil. Yang terpenting, promosi dari mulut ke mulut ini berhasil sampai akhirnya membawanya menjadi salah satu yang terbaik dengan nilai kekayaan yang cukup besar.

Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja. Foto: Ist

Siapa yang tak kenal dengan Eka Tjipta Widjaja. Dia adalah seorang pengusaha sukses yang menduduki peringkat kedua terkaya di nusantara. Nilai kekayaannya mencapai 122 triliun rupiah.

Eka Tjipta Widjaja adalah pria keturunan Tionghoa kelahiran 1923. Dirinya mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan di masa kecilnya. Karena dirinya merupakan imigran yang lahir dari keluarga miskin.

Dirinya pindah ke Indonesia di tahun 1932 dari Cina. Dirinya tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah di jenjang SMP lantaran harus membantu orang tuanya. Terutama untuk membayar hutang dari rentenir.

Ketika memasuki usia remaja, pria keturunan Tionghoa ini mengawali bisnisnya dengan berjualan gula dan biskuit. Barang dagangannya ini didapatkan dari pembelian secara grosir.

Selain berjualan, dirinya juga membuka usaha lain sebagai kontraktor pembuat kuburan. Perlu dicermati jika usaha ini tidak lantas membuatnya berhasil. Ada fase dimana dirinya mengalami pasang surut, bahkan terbilang tidak beruntung dalam menjalankan usahanya.

Meskipun begitu, dirinya tidak lantas mengendurkan semangatnya. Buahnya terlihat di tahun 1972. Tepatnya ketika dirinya menggeluti dunia bisnis property dan kimia dengan PT Duta Pertiwi.

Bisnis inilah yang menjadi cikal bakal dari pabrik kertas pertama Sinar Mas. Keberhasilannya lantas membuatnya bisa mengembangkan bisnis lainnya. Tercatat ada bisnis keuangan seperti Bank Sinar Mas, serta PT Smart Telecom yang menawarkan produk Smartfren.

Sinar Mas ini menjadi label bisnis yang cukup populer. Membawa pria keturunan Tionghoa ini menjadi salah satu yang terbaik di bisnis Indonesia. Tentunya Sinar Mas ini mencakup berbagai jenis bisnis yang menjanjikan banyak keuntungan.

Nah, kunci sukses dari Eka Tjipta Widjaya ini adalah keuletan. Ini berangkat dari kata-kata mutiara yang dipegang. Yakni apapun kesulitan yang kita hadapi, asal kita memiliki keinginan buat berjuang, pasti semua bisa diatasi.

Itulah beberapa pengusaha sukses yang hanya duduk di bangku sekolah dasar. Kunci yang dipegang sehingga menjadi yang terbaik adalah kerja keras, kesempatan, komunikasi, dan komitmen tinggi. Nah, Anda juga bisa sukses seperti yang dilakukan oleh pengusaha sukses di Indonesia tersebut dengan menerapkan kunci keberhasilannya. (*)

Artikel Ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH