3 Pemain Timnas Singapura di Piala AFF 2018 Pernah Merumput di Indonesia Baihakki Khaizan (tengah) (@i.am.baihakki)

Merahputih.com - Skuat Timnas Singapura laris-manis setelah keluar sebagai kampiun Piala AFF 2007. Sederet pemain bahkan bergabung dengan klub-klub Liga Indonesia selang beberapa tahun kemudian.

Dalam komposisi Singapura di Piala AFF 2018, terdapat tiga pemain yang pernah merumput di Tanah Air. Mereka adalah Baihakki Khaizan, Shahril Ishak, dan Khairul Amri. Nama pertama bahkan pernah berseragam dua klub dengan rivalitas kuat di Indonesia, yaitu Persija Jakarta pada 2009/10 dan Persib Bandung di 2010/11.

Adapun, Ishak juga memperkuat Persib di tahun yang sama dengan Baihakki. Sayang, keduanya hanya bertahan semusim di tim berjuluk Pangeran Biru itu. Setahun kemudian, Ishak bergabung dengan Medan Chiefs pada kompetisi Liga Primer Indonesia.

Pada 2010 lalu, giliran Amri yang mengadu nasib di Indonesia. Persiba Balikpapan adalah klub pertama dan satu-satunya Amri di Tanah Air. Hampir serupa dengan kebanyakan pemain Singapura lainnya, Amri hanya bertahan semusim di tim berjuluk Beruang Madu itu.

Shahril Ishak (kanan) (Zimbio)

Sebetulnya, ada banyak pemain Singapura yang pernah berkarier di Tanah Air. Tapi, hanya tiga pemain tersebut yang masih bertahan di skuat Singapura saat ini.

Pemain asal Singapura lainnya yang sempat bergabung dengan klub di Indonesia ialah Muhammad Ridhuan (Arema FC dan Borneo FC), Noh Alam Shah (Arema FC dan Persib), Fachrudin Mustafic (Persija dan Persela Lamongan), Precious Emuejeraye (Sriwijaya FC dan Persija), Agu Casmir (Persija dan Persebaya Surabaya), dan Itimi Dickson (Persitara Jakarta Utara).

Sebenarnya, ada satu pemain berdarah Singapura yang hampir berkelana di Indonesia. Aleksandar Duric namanya. Namun sayang, dirinya gagal bergabung dengan Sriwijaya FC pada 2009 lalu. (*/bolaskor.com)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH