3 Paslon Capres-Cawapres Deklarasi Kampanye Damai di Pilpres 2024

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 27 November 2023
3 Paslon Capres-Cawapres Deklarasi Kampanye Damai di Pilpres 2024
3 Pasangan Capres-Cawapres di Gedung KPU. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi membuka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai yang diikuti tiga pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Tiga pasangan itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) di nomor urut 1; pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming; dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga:

Cak Imin Cuti dari DPR, Awali Kampanye di Wilayah Jawa Timur

Pembacaan Deklarasi Kampanye Damai dilakukan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/11). Pembacaan naskah itu dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asyri.

Ada 3 poin yang ditekankan dalam deklarasi kampanye damai.

"Satu, Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil. Dua Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang. Tiga, Melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Hasyim yang diikuti tiga pasangan capres-cawapres.

Setelah membacakan deklarasi kampanye damai, satu per satu pasangan Capres-Cawapres menandatangani plakat kampanye damai Pemilu 2024 di KPU RI.

Baca Juga:

Pasangan AMIN Fokus Kampanyekan Keadilan untuk Masyarakat

Pasangan pertama yang tanda tangan adalah Anies dan Cak Imin, dilanjutkan Prabowo dan Gibran, terakhir Ganjar-Mahfud MD.

Usai ketiga paslon tersebut, ketua parpol peserta Pemilu 2024 secara bergantian turut menandatangani plakat yang sama. Terakhir plakat yang sama juga ditandatangani oleh perwakilan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Sebagai informasi tiga paslon capres-cawapres akan memulai kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang. Kampanye berlangsung selama 75 hari.

Kemudian, pencoblosan capres-cawapres akan berlangsung pada 14 Februari 2024. (Asp)

Baca Juga:

Awali Kampanye, Anies Sapa Warga Jakarta dan Cak Imin ke Surabaya

#Kampanye #Capres 2024 #Pilpres
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan