3 Orang Meninggal di Sumenep Korban Gempa Situbondo

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 11 Oktober 2018
3 Orang Meninggal di Sumenep Korban Gempa Situbondo
Rumah warga hancur akibat Gempa Situbondo 7,3 SR Kamis (11/10) dini hari. Foto: Twitter @Sutopo_PN

MerahPutih.com - Tiga orang meninggal dunia akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,4 Skala Richter (dimutakhirkan menjadi 6,3 SR) yang mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali dengan titik pusat di perairan Situbondo, dini hari tadi, pukul 01.57 WIB.

Rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (11/10), menyebutkan ketiga korban tewas merupakan warga desa Prambanan dan Jambusok, Kecamatan Gayam, Sumenep. Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh.

Gempa terjadi Kamis dini hari saat korban sedang tidur sehingga tidak bisa menyelamatkan diri ketika rumah mereka roboh. Korban meninggal atas Nuril Kamiliya (7), H Nadhar (55) dan seorang lelaki dewasa yang saat ini sedang diidentifikasi.

situbondo
Rumah warga hancur akibat Gempa Situbondo 7,3 SR Kamis (11/10) dini hari. Foto: Twitter @Sutopo_PN

BMKG melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan. Artinya gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa. Posko BNPB terus memantau perkembangan dampak gempa dan penanganannya.(*)

#Gempa Situbondo #Gempa
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan