3 Olahan Bakso Mudah dan Nikmat, Bisa buat Menu Sahur Nih Kreasikan bakso jadi menu nikmat dalam sekejap. (foto: pixabay/TJENA)

SAAT bulan puasa, kamu amat disarankan menyimpan bahan makanan siap olah di lemari pendingin. Nugget, sosis, dan bakso bisa jadi pilihan untuk disimpan selama bulan puasa. Agar enggak bosan, kamu pun mesti kreatif dalam mengolah bahan makanan siap saji tersebut.

Seperti misalnya mengolah bakso. Bahan makanan satu ini bisa kamu sajikan berkuah atau ditumis. Berikut 3 ide olahan bakso yang mudah dan nikmat.


1. Bakso Solo

bakso solo
Bakso Solo nikmat disajikan dengan sambal, kecap, serta saus tomat. (foto: Instagram @aiiu_shizuka1122)


Untuk membuat bakso Solo, kamu tinggal merebus sebentar bakso siap saji. Setelah itu, buat kuah bakso dengan bumbu bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, garam, dan lada bubuk.

Saat akan disajikan, lengkapi bakso dengan mi, caisim, dan tahu rebus. Siram dengan kuah bakso. Jangan lupa taburi dengan bawang goreng dan seledri. Lengkapi juga dengan saus tomat, sambal, dan kecap.


2. Sup Bakso

sup bakso
Berbagai sayuran dan daging bisa dikreasikan dalam sup bakso. (foto: Instagram @ayundaghea)


Sajian sup amat pas disajikan untuk membangkitkan selera makan. Selain itu, sup juga bisa menjaga daya tahan tubuh. Membuat sup juga tak terlalu sulit. Kamu bisa mengkreasikan berbagai isian sup, mulai dari daging ayam filet, bakso, kentang, jagung pipil, dan makaroni.

Dalam panci, rebus air hingga mendidih. Tumis bawang putih, bawang merah, jahe, lada, dan pala yang sudah dihaluskan. Angkat dan masukkan bumbu ke rebusan air. Aduk rata.

Masukkan buncis, kol, seledri, daun bawang, dan tomat. Aduk rata. Bumbui dengan kaldu, garam, dan gula. Aduk rata. Biarkan masak hingga semua sayuran layu. Koreksi rasanya. Beri taburan bawang merah goreng. Angkat dan siap disajikan.

6. Mi Goreng Jawa

mi goreng jawa
Selain bakso, masukkan juga telur dan udang ke sajian mi goreng jawa. (foto: Instagram @echy_halomoan)

Saat malas makan nasi, mi pastilah jadi pilihan. Proses masak mi juga cepat, mengenyangkan, dan enak. Kamu bisa mencoba membuat mi goreng jawa dengan berbagai variasi isian, seperti sayuran, daging ayam, telur, bakso, dan udang.

Tumis bawang putih, kemiri, merica, dan ebi yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Masukkan telur, buat orak-arik kasar. Masukkan ayam, bakso, udang, dan sayuran (kol, sawi, tomat, dan daun bawang) aduk rata.

Masukkan cairan kaldu. Tambahkan sedikit air. Masak hingga mendidih. Terakhir masukkan mi, beri bumbu garam, penyedap, dan kecap. Aduk rata, masak hingga bumbu meresap dan matang. Angkat dan sajikan.

Wah, nikmat semua kan? Boleh nih kamu sajikan untuk sahur esok.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH