3 Negara Eropa dengan Pengalaman Kuliner yang Enak Di negara Eropa ini, makanan ialah suatu yang serius. (foto: pixabay/rawpixel)

TRAVELING enggak cuma soal pergi ke tempat baru. Lebih daripada itu, bepergian juga tentang bertemu dengan orang-orang baru serta mencicipi makanan yang berbeda. Benua Eropa juga menawarkan petualangan kuliner yang asyik loh.

Nah, buat kamu yang akan melancong ke 'Benua Biru', ini 3 negara yang wajib kamu datangi karena kulinernya yang enak, seperti dilansir CNN Travel.


1. Italia

naples pizza
Jangan lewatkan menikmati piza khas Napoli. (foto: Instagram @visitnaplesofficial/@_mymemories)


Siapa sih yang enggak kenal nikmatnya masakan Italia? Saus tomat segar, olahan tepung berbentuk pasta, hingga sajian manis yang menggoda.

Orang Italia terkenal karena menyusun sajian lezat mereka dari hal-hal sederhana. Sedikit pasta, minyak zaitun, bawang putih, seiris dua iris daging bacon, jadilah sepiring sajian enak. Tak ada yang ribet. Semuanya mudah dibuat dan mudah dinikmati.

Bisa dikatakan, pemasak pemula pun bisa membuat sajian Italia di rumah, tentunya dengan sedikit niat. Itulah mengapa makanan dari negara ini jadi comfort food banyak orang.

Rekomendasi

Saat berkunjung ke Italia, pastikan kamu mencicipi spaghetti bolognaise mereka. Itu merupakan pilihan aman yang pasti enak. Cicipi juga piza langsung di 'rumah asalnya' di Napoli. Jika ingin yang lebih tradisional, jangan lewatkan salami ala Italia. Bikin nagih layaknya rokok.

Suka kopi? Selamat, di Italia, kamu akan mengasup kopi sepanjang hari dan malam. Wow!


2. Prancis

macarons
Di Prancis, makanan tampil cantik. Kayak macarons ini. (foto: Instagram @dmacarons)

Tak ada negara yang lebih menghargai waktu makan daripada Paris. Orang-orang Paris punya 2 jam untuk istirahat makan siang. Tak berlebihan, karena mereka makan dengan sistem three course meal.

Selain itu, Paris sudah sejak lama menjadi kiblat standar dunia kuliner. Tahu kan panduan Michelin Star untuk restoran fine dining? Nah, di sinilah tanah kelahirannya.

Meskipun demikian, masakan Prancis enggak melulu makanan 'bangsawan' yang mewah. Ada juga beberapa sajian yang membumi. Keduanya tetap akan membuatmu kagum.

Rekomendasi

Selagi di negara yang romantis ini, sempatkan mencoba hidangan siput bernama escargot. Namun, jangan lewatkan hidangan penutup ataupun pastry buatan orang Prancis. Mereka punya banyak yang enak, mulai dari macarons, baguette untuk sarapan, atau croissant hangat nan empuk. Yum!

3. Spanyol

jamon iberico
Pastikan kamu mencicip jamon Iberico yang jadi kebanggan orang Spanyol (foto: Instagram @jamonblazquez)

Makanan tersedia sepanjang hari di negara ini. Spaniards makan, tidur sejenak, lalu bekerja selama 2 jam, kemudian kembali makan dan minum. Begitu seterusnya. Bisa dibilang, di sini tempatnya hidup hedon dengan makanan.

Selain waktu makan besar, orang Spanyol juga mencamil sepanjang hari di sela-sela waktu makan. Pilihan menunya beragam, mulai dari buah-buahan hingga boga bahari.


Rekomendasi

Jamon Iberico wajib kamu coba di sini. Itu merupakan ham dari daging babi hitam Iberica. Jangan khawatir, sejak beberapa tahun belakangan, ada juga Jamon Iberico yang dibuat khusus untuk pelancong muslim. Jadi, sajiannya halal.

Yang paling enggak boleh kamu lewatkan ialah churros. Donat ala Spanyol ini memang enak banget. Dicocol saus cokelat ataupun bertabur gula dan kayu manis bubuk, sama enaknya.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH