3 Musisi Indie Korea yang Tak Kalah Keren untuk Didengarkan Musiknya 3 Musisi K-Indie yang harus kamu ketahui diluar tema girlband dan boyband (Foto: YouTube OffOnOff/Korean Area/Danielions)

JANGAN pernah mengira kalau musik dari Korea hanya sebatas boyband dan girlband. Ada juga lho beberapa musisi atau band yang menempuh jalur indie dan musik mereka pun cukup terkenal. Sebelum mengenal lebih dalam, kita pahami terlebih dahulu pengertian dari musik indie secara singkat.

Musik independen atau biasa disebut sebagai musik indie, adalah musik yang diproduksi secara independen artinya dilakukan sendiri tanpa bantuan dari label rekaman atau agensi. Musik indie pun memiliki genre musik yang juga beragam. Kembali lagi ke topik utama, yuk simak beberapa musisi indie korea di bawah ini!

1. OffOnOff

3 Musisi Indie Korea yang Tak Kalah Keren untuk Didengarkan Musiknya
Caption

Musisi yang terdiri dari Colde yang vokalis dan 0Channel sang DJ, mengawali karirnya dari platform musik yang bernama soundcloud sebelum direkrut oleh HIGHGRND, yang merupakan anak dari perusahaan label musik YG Entertainment yang terkenal di kalangan musik Korea.

Pada saat debut pertamanya di tahun 2016 dibawah label HIGHGRND, OffOnOff merilis single yang berjudul Bath. Namun sayangnya kala itu musik indie Korea belum banyak didengar oleh masyarakat luas dan hanya mampu meraih 72 ribu views di YouTube.

Akan tetapi, single musik yang berjudul Cigarette saat ia berkolaburasi dengan Tablo salah satu personil dari band Epik High dan juga Miso yang merupakan seorang rapper. Memiliki hit yang luar biasa hingga mencapai lebih dari 1.1 juta views di YouTube.

Beberapa single dan album yang bisa kamu dengar selain yang dibagikan diatas tadi adalah single dari OffOnOff yang berjudul Gold ft. DEAN dan mini album bertajuk Boy yang berisikan tiga lagu yakni ? / Dance, Photograph, dan Boy.

2. DEAN

Musisi yang memiliki nama asli Kwon Hyuk ini memiliki awal karir yang cukup berani melawan arus kehidupan. Karena pada awalnya, DEAN melawan arus dari orang tuanya yang menginginkan DEAN untuk tetap bersekolah. Namun DEAN memilih untuk menjadi musisi rapper pada saat usia 16 tahun di.

3 Musisi Indie Korea yang Tak Kalah Keren untuk Didengarkan Musiknya
Dean sempat berkolaburasi dengan Keith Ape saat debut pertamanya (Foto: Kpop Fandom)

Saat ia meniti karirnya, DEAN memulai dengan bekerja sama dengan salah satu hip-hop artis asal Korea yang bernama Keith Ape. Saat usianya 18 tahun, nama DEAN mulai terkenal dan berselang dua tahun ia berada di bawah naungan label musik Joombas yang diproduseri oleh Hyuk Shin, yang pernah bekerja bersama EXO saat penulisan lagunya.

Kembali musik yang dibuat DEAN, hit pertamanya bersama Keith Ape yang diunggah oleh akun YouTube Moon's Wings Gallery ini menyentuh lebih dari 400 ribu views.

Sedangkan DEAN mencapai puncak karirnya pada saat perilisan single yang berjudul Instagram dengan total keuntungan penjualan album yang melebihi KRW 2,5 juta atau sekitar dengan Rp30 juta, ditambah 37 juta views di Youtube.

Selain Instagram, lagu rekomendasi lainnya ialah D (Half Moon) dan What 2 Do feat Crush & Jeff Bernat jika penasaran ingin mendengar suara DEAN dengan genre musik jazz.

3. CIKI

Artis yang masih merahasiakan namanya ini memulai karirnya lewat platform musik soundcloud layaknya OffOnOff. Namun uniknya, ia tidak ingin berada di panggung yang besar. Ia hanya ingin musik hasil karyanya yang dinikmati, bukan terfokus pada dirinya. Sehingga, nama asli serta foto dirinya saja tidak ada di internet.

CIKI mulai didengar karena beberapa lagu yang ada di akun soundcloud pribadinya mulai di re-post oleh beberapa akun YouTube yang dikenal sebagai akun influencer musik. Lagu-lagu ciki yang terkenal pada saat ia muncul pada tahun 2018 adalah Baby Crush dan Between / ??.

Beberapa lagu lainnya yang bisa kamu nikmati ialah Syndrome dan juga ada beberapa kolaborasi yang dibuat oleh fans yang benama Biosphere dengan judul Strangers, di mana CIKI berada di lagu tersebut seakan-akan berkolaborasi dengan artis lainnya yaitu Love-sadkid & Chris Wright. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH