3 Museum di Bali Dengan Koleksi Menarik Ini Siap Usir Stres Bali memiliki banyak museum (Foto: Pexels/Timur Kozmenko)

BALI terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Namun, selain keindahan alam, Bali memiliki beberapa tempat menarik lainnya. Sebut saja museum yang menyimpan kekayaan karya seni dan informasi seputar Bali.

Pelancong dapat menemukan banyak koleksi unik dan menarik dari beberapa pilihan museum di Bali. Masing-masing museum menawarkan suasana penuh keunikan tersendiri. Dijamin stres akan hilang. Bagi kamu yang mau pelesiran ke Bali, cobain deh mampir ke tiga museum berikut ini:

Baca juga:

Danau-Danau Terindah di Dunia

1.Bali Shell Museum (Museum Kerang)

Bali Shell Museum
Museum kerang (Foto: Instagram/@ddeeaaboeky)

Berlokasi di Jalan Sunset Boulevard, Kuta, museum ini memiliki segudang pilihan fosil kerang yang sudah berusia ratusan tahun. Bali Shell Museum merupakan satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia. Luas areanya sekitar 1.500 m2 dan dibagi menjadi tiga area lantai.

Di lantai pertama terdapat lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik yang tertata rapih dari bahan dasar kerang. Lalu, lantai dua merupakan tempat koleksi kerang bermacam ukuran dengan berbagai umur. Semua kerang yang ada merupakan kerang asli Nusantara.

Di lantai tiga, terdapat bagian yang berisi aneka ragam fosil bulu babi, hiu, bintang dan lainnya. Salah satu fosil paling terkenal di museum ini ialah Fosil Orthoceras yang sudah berumur 395 tahun.

2. Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma

Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma
Mengoleksi 1.200 topeng (Foto: cabinbag.wordpress.com)

Berlokasi tak jauh dari Ubud, museum ini dibangun pada tahun 2006. Koleksi terkenalnya berupa topeng dan boneka tradisional dari dalam maupun luar negeri yang dipadu dengan pernak-pernik indah. Museum ini memiliki koleksi 1.200 topeng dan 4.700 boneka. Koleksi topengnya juga ada yang berasal dari mancanegara.

Baca juga:

Enggak Kalah Seru, Destinasi Kekinian nan Instagramable di Bali

Memiliki luas area sekitar 1 hektar, pelancong dapat belajar banyak tentang kebudayaan topeng dan boneka jauh lebih dekat. Museum ini terdiri dari empat ruang pameran dan spot outdoor. Beragam acara kebudayaan juga sering digelar di tempat ini.

3. Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan
Menyajikan banyak karya seni seniman asli bali (Foto: Instagram/@poumi2019)

Museum Puri Lukisan yang berlokasi di Jalan Raya Ubud, ialah tempat yang menyajikan banyak karya seni seniman asli Bali. Mulai dari Ida Bagus Nyana, hingga Ida Bagus Gelgel.i. Selain karya seni lukis, juga terdapat karya seni pahat di museum ini.

Terdapat banyak ornamen-ornamen khas Bali menghiasi setiap ruangan di Museum Puri lukisan. Ada pula lukisan para penari cantik Bali dan pahatan-pahatan dewa. Area sekitar museum juga ditumbuhi taman hijau yang asri.

Bagaimana sahabat Merah Putih, berencana pergi ke museum yang mana nih? (lgi)

Baca juga:

Mengenal Tempat Wisata Danau Bedugul di Bali

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH