Ramadan 2019

3 Menu Takjil Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Sabtu, 11 Mei 2019
3 Menu Takjil Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara
Sudahkah mencoba takjil unik dari berbagai daerah di Indonesia (Foto: Al-Arabiya English)

MENU takjil untuk berbuka puasa memang bermacam-macam dan sesuai selera. Mulai dari gorengan yang paling sering orang incar hingga makanan tradisional. Akan tetapi keberagaman tidak hanya itu saja, berbagai daerah ini justru memiliki bahan dasar unik sebagai menu takjil mereka. Yuk kita simak satu per satu!

1. Kolak Ayam - Desa Gumeno, Gresik, Jawa Timur

3 Menu Takjil Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara
Kolak Ayam takjil unik tradisi Desa Gumeno (Foto: instagram @irengpoteh)

Biasanya kolak dimasak dengan ubi, singkong, atau pisang. Akan tetapi kolak yang dibuat oleh masyarakat Desa Gumeno sangat berbeda karena alasan adat dan tradisi setempat. Rasa dan wujudnya sangat mirip dengan kolak pada umumnya, hanya bahan dasarnya saja yang terbuat dari ayam.

Menurut masyarakat setempat, hal ini merupakan pesan dari kisah Sunan Dalem. Pada 1540 Masehi, Sunan Dalem putra pertama Sunan Giri penyebar agama Islam di Tanah Jawa sedang melakukan dakwah di Desa Gumeno.

Namun, karena tiba-tiba Sunan terkena penyakit masyarakat setempat mencoba untuk membuat obat sebagai penawar penyakitnya.

Sunan Dalem mendapatkan petunjuk melalui mimpi dan meminta para pria mencari bumbu sesuai dengan apa yang ada di mimpinya. Bawang merah, gula jawa, jintan dan santan kelapa serta ayam jago berusia muda.

Dinamai sebagai kolak ayam karena berasal dari bahasa Arab yakni, Kholaqul Ayyam yang berarti mencari berhari-hari. Pada saat itu bersamaan dengan bulan puasa, Sunan Dalem menyantap kolak ayam dengan nasi dicampur ketan. Seketika, malam itu juga Sunan Dalem pulih dari penyakit yang dideritanya.

Santapan ini hanya ada setiap malam ke-23 di bulan ramadan. Kegiatan tersebut rutin dilakukan oleh warga Desa Gumeno. Jadi kalau ingin mencoba takjil unik ini maka datanglah pada hari yang sudah ditentukan sebagai malam ke-23 ya!

2. Kelapa Bakar - Semarang, Jawa Tengah

3 Menu Takjil Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara
Takjil khas semarang Kelapa Bakar (Foto: FourSquare)

Kelapa biasanya dinikmati dengan es, gula, susu dan sirup. Akan tetapi bagaimana rasanya jika kelapa disajikan setelah dibakar?

Kelapa yang dibakar selama 3 sampai 4 jam ini memiliki khasiat tersendiri. Mulai diyakini mampu mengobati asam urat, kolesterol, batu ginjal, hingga penyakit gula.

Akan tetapi, sangat tidak dianjurkan untuk memakan daging kelapa yang sudah dibakar ini karena sudah ada minyaknya.

Hanya boleh diminum airnya saja, biasanya kelapa bakar ini disajikan dengan rempah-rempah lainnya yakni akar alang-alang, jahe, kencur, empu kunir, madu, susu, dan jeruk nipis.

3. Colenak - Bandung, Jawa Barat

3 Menu Takjil Unik dari Berbagai Daerah di Nusantara
Colenak kreasi unik tape bakar gula jawa dengan parutan kelapa (Foto: Agrowindo)

Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari tape bakar yang dicampur dengan gula jawa cair dan serutan kelapa. Sebutan "berbukalah dengan yang manis" sangat cocok dengan hidangan ini.

Alasan mengapa ditaburi serutan kelapa adalah, mengurangi rasa terlalu manis dari gula jawa cair saat hidangan tersebut berada di mulut. (riq)

#Ramadan 2019 #Makanan Khas Ramadan #Makanan Khas Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan