3 Manfaaat Meditasi yang Harus Kamu Ketahui Meditasi memberikan banyak manfaat kesehatan. (Foto: Pixabay/leninscape)

MEDITASI dilakukan oleh orang untuk mendapatkan ketenangan jiwa. Biasanya pekerja yang mendapatkan tekanan pekerjaan, mahasiwa yang jenuh dengan tugas kampus hingga ibu rumah tangga yang penat dengan rutinitasnya. Para praktisi percaya jika kegiatan meditasi ini bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Dari laman Go Dok memberikan manfaat melakukan meditasi.

1. Mengurangi stres

meditasi
Meditasi mampu mengurangi tekanan. (Foto: Pixabay/Graehawk)

Manfaat kesehatan meditasi yang paling pertama adalah dapat mengurangi stres dalam diri kamu. Ya, meditasi memang efektif dalam menghilangkan rasa stres, terutama bagi kamu yang telah dilanda tekanan dari hari ke hari. Dengan melakukan meditasi kamu bisa merasakan lebih rileks dan optimis, serta tidak stres lagi.


2. Melawan rasa candu

minum
Meditasi mampu membuat seseorang mengontrol diri. (Foto: Pixabay)

Manfaat sehat meditasi yang selanjutnya adalah rasa candu terhadap sesuatu. Ketergantungan itu seperti pada makanan, nikotin, alkohol, maupun obat-obatan telarang lainnya. Kedisiplinan mental yang berkembang melalui meditasi dapat membantu kamu dalam melawan ketergantungan tersebut. Dapat pula meningkatkan pengendalian diri. Studi terbaru menunjukan bahwa meditasi dapat membuat pecandu dalam mengalihkan perhatian, meningkatkan tekad, serta menyadari bahaya dari rasa candu mereka. Hal ini membuat kamu menjadi lebih mudah dalam menghindari hal-hal yang menyebabkan kecanduan tersebut.

3. Meningkatkan kualitas tidur

tidur
meningkatkan kualitas tidur. (Foto; Pixabay/cuncon)

Meditasi dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Tidur merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Di mana tubuh, mata, dan otak kamu bisa beristirahat penuh. Oleh karena itu, tidur yang berkualitas sangat kamu perlukan setiap harinya. Studi terbaru menyatakan bahwa orang-orang yang bermeditasi akan dapat tidur lebih awal dan lebih lama. Dibandingkan dengan mereka yang tidak bermeditasi. Tidak hanya itu, meditasi juga dapat membantu tubuh kamu menjadi lebih rileks, dan membuat tidur kamu menjadi lebih damai. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH