Kesehatan

3 Makanan yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 02 Juli 2021
3 Makanan yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh
Buah dan Sayuran memiliki nutrisi penting bagi tubuh (Sumber: Unsplash/2FDumlao)

JIKA tidak ingin mudah terserang virus, kamu harus tetap menjaga daya tahan tubuH dengan rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Namun kedua hal ini saja masih belum cukup untuk kebutuhan tubuhmu.

Makan yang teratur dan mengandung vitamin, antioksidan, dan omega-3 dapat melengkapi kebutuhan tubuh di tengah maraknya virus saat ini. Tidak hanya untuk menjaga daya tahan tubuh serta terhindar virus, dengan asupan vitamin lengkap bisa mencegah penyakit kronis dan memperbaiki sel atau saraf tibuh yang rusak.

Baca juga:

Teknik Pronasi Atasi Sesak Napas Pasien COVID-19

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. (Sumber: Unsplash/2FShutov)
Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. (Sumber: Unsplash/2FShutov)

Dilansir dari Alodokter, makanan yang mengandung vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh dan kulit. Vitamin C ini dapat ditemukan didalam buah-buahan, sayur-sayuran dan melaui suplemen. Vitamin C juga diperlukan dalam menjaga fungsi kerja organ tubuh.

Vitamin C bagi kulit memiliki peran untuk memproduksi kolagen yang dapat menyembuhkan luka dan mencegah penuaan dini. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin c seperti Stroberi, Kiwi, Mangga, Jeruk, Brokoli, Paprika, dan Tomat.

Baca juga:

Pengaruh Vaksinasi COVID-19 pada Kesehatan Reproduksi Perempuan

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E

Khasiat kacang almond sebagai antioksidan. (Sumber: Unsplash/2FFernandez)
Khasiat kacang almond sebagai antioksidan. (Sumber: Unsplash/2FFernandez)

Makanan yang mengandung vitamin E tinggi ada pada kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kedelai, jagung, dan kacang tanah. Selain itu buah dan sayuran juga sumber vitamin E. Vitamin E dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan, yakni sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Salah satunya yang dapat memicu kanker. Tidak hanya melalui makanan, vitamin E juga bisa didapatkan melalui bantuan dari sumplemen vitamin E.

3. Makanan yang mengandung Omega-3

Salmon penghasil lemak omega-3. (Sumber: Unsplash/2FTownsend)
Salmon penghasil lemak omega-3. (Sumber: Unsplash/2FTownsend)

Dilansir dari Alodokter Selain menjaga daya tubuh, omega-3 merupakan salah satu nustrisi yang baik untuk otak dan saraf. Lemak Omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, macarel.

Khasiat lain dari Omega ini dapat mencegah kanker, perbaikan sendi, dan dapat menjaga kesehatan mental. Bagi yang tidak menyukai bau amis dari ikan, kamu dapat menggantikannya dengan kacang kenari ataupun chia seed. (cil)

Baca juga:

Vaksin COVID-19 Nonsuntik Tengah Diuji Coba

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan