Nutrisi

3 Makanan yang Bisa Meningkatkan Suasana Hati

annehsannehs - Selasa, 11 Januari 2022
3 Makanan yang Bisa Meningkatkan Suasana Hati
Cokelat bermanfaat sebagai antioksidan juga. (Foto Unsplash/@foodess)

KAMU berhak bahagia. Kebahagiaan tidak selalu harus membeli tas mahal dan jalan-jalan ke Cappadocia. Dengan mengonsumsi beberapa makanan ini, kamu bisa merasa bahagia, apalagi dengan mengetahui kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi tubuh.

Seperti dilansir The Soothe, usus sering diibaratkan sebagai otak kedua manusia. Maka dari itu, pola makan manusia sangat berkontribusi pada mikoorganisme dalam sistem pencernaan sehingga bisa bereaksi terhadap 'hormon bahagia' alias serotonin dan dopamin. Jadi beberapa makanan mampu memengaruhi tubuh manusia secara kimiawi dan meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan kita. Berikut beberapa bahan makanan yang terbukti mampu meningkatkan serotonin tanpa diimbangi dengan rasa kelelahan.

BACA JUGA:

Tak Selamanya Benar, Orang Pintar juga Punya Kesalahan

1. Beri

Beri sering dijadikan snack sehat. (Foto pixabay/PublicDomainPictures)
Beri sering dijadikan snack sehat. (Foto pixabay/PublicDomainPictures)

Tidak hanya warnanya yang cantik dan teksturnya yang unik, beraneka jenis buah beri juga memiliki khasiat yang ciamik untuk tubuh kita. Dibalik buah-buahan berukuran kecil yang berwarna-warni ini terdapat kandungan vitamin C yang berlimpah sehingga mencegah tubuh yang sering merasa kelelahan dan lesu. Buah ini juga kaya akan kandungan resveratrol. Menurut studi (DOI: 10.3389/fendo.2016.00044) yang dipublikasi pada National Library of Medicine, pigmen antioksidan ini bermanfaat untuk menenangkan gejala depresi.

BACA JUGA:

Microsoft Gantikan Jurnalisnya dengan Robot

2. Ikan berminyak

Salmon mampu mengurangi peradangan tubuh. (Foto Unsplash/David B Townsend)
Salmon juga mampu mengurangi peradangan tubuh. (Foto Unsplash/David B Townsend)

Selain memiliki segudang manfaat kesehatan termasuk protein, ikan berminyak adalah sumber Trypotophan yang tinggi, yakni asam amino yang berperan besar dalam produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan trypotophan juga bisa membuat tidur lebih berkualitas yang juga berpengaruh pada suasana hati ketika bangun tidur. Beberapa contoh ikan berminyak antara lain salmon dan makerel.

3. Dark Chocolate

Dark chocolate juga bisa dihidangkan dalam bentuk minuman.  (Foto Unsplash/@katya)
Dark chocolate juga bisa dihidangkan dalam bentuk minuman. (Foto Unsplash/@katya)

Sebelum mengonsumsinya, mungkin kamu juga sudah merasa bahagia ketika membuka bungkus cokelat yang sudah ada di tanganmu. Ya, rasa nikmat dari cokelat memang membawa kebahagiaan. Makanan ini pun sering menjadi reward yang diberikan kepada anak kecil ketika mereka berperilaku baik.

Secara sains, dark chocolate yang mengandung 85% kakao mampu menciptakan hormon serotonin yang tinggi di dalam tubuh. Meski begitu, perhatikan juga kandungan gula yang terdapat pada hidangan hot chocolate yang lezat sebelum mengonsumsinya ya.(SHN)

Baca juga:

Hindari Deh, Jenis Makanan yang Melemahkan Daya Tubuh

#Kesehatan #Kandungan Nutrisi
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan