Kesehatan

3 Makanan Thailand Paling Sehat Menurut Ahli Nutrisi

annehsannehs - Rabu, 27 Januari 2021
3 Makanan Thailand Paling Sehat Menurut Ahli Nutrisi
Mana menu makanan Thai kesukaanmu? (Foto pixabay/sontung57)

MAKANAN sehat dengan nutrisi cukup biasanya agak ribet untuk disiapkan. Kamu harus mengolah makananmu sendiri untuk mendapatkan menu makanan sesuai kebutuhan.

Mulai dari memilih bahan makanan yang berkualitas, memperhatikan waktu penyimpanan agar bahan tetap segar, dan menentukan resep. Semua faktor tersebut amat penting dalam menyiapkan makanan sehat.

Di sisi lain, terkadang kamu ingin terima beres dan membeli makanan dari restoran saja. Kamu tidak sendirian. Menurut penelitian National Restaurant Association, ada lebih 65 persen orang yang kebiasaan memesan makanan secara rutin ketimbang masak di rumah.

Makanan Thailand bisa menjadi salah satu pilihan. Cuisine yang kaya rasa dan unik dari Negeri Gajah Putih ini memiliki beberapa menu makanan yang bisa membantu memenuhi asupan gizi untuk tubuh.

Dilansir dari Health, ahli nutrisi mengatakan tiga makanan Thailand ini amat sehat, antara lain:

Baca juga:

Benarkah Virus Corona Bisa Dilawan dengan Antibiotik? Ini Kata Dokter

1. Summer rolls

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Sonya Angelone, RD merekomendasikan summer rolls sebagai menu masakan Thailand yang dipesan. Ketimbang memesan spring rolls yang digoreng, summer rolls dianggap jauh lebih sehat karena diolah dengan cara dikukus.

"Sayuran ala Thailand biasanya tidak mengandung lemak yang tinggi. Meski begitu, spring rolls biasanya mengandung kalori dan lemak lebih tinggi karena digoreng," ungkap Angelone.

2. Som tam

View this post on Instagram

A post shared by mooyuth ???????? (@moo_yuth)

Dari nama menunya, Som tam alias salad pepaya saja sudah terdengar sangat sehat. Berbahan utama irisan pepaya mentah, Som Tam menyajikan wortel, tomat, dan kacang panjang berbumbu khusus. Kombinasi ini menghasilkan citarasa asam, manis, gurih, asin dan pedas.

Baca juga:

Mengolah Makanan Beku dengan Tepat, Begini Caranya

3. Mango Sticky Rice

"Makanan Thailand memiliki cara ciamik untuk menggabungkan buah-buahan dan sayuran unik yang tidak biasanya kamu makan," ungkap ahli nutrisi Karen Ansel, RD kepada Health. Mango sticky rice menjadi salah satu dessert khas Thailand paling populer.

Mango sticky rice amat memanjakan lidah. Makanan ini mengandung santan, garam, gula, dan tentu saja mangga. (shn)

Baca juga:

5 Makanan ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

#Makanan #Kesehatan #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan