3 Makanan Pengganti Kaya Omega-3 untuk Kamu yang Tidak Suka Ikan Makanan pengganti asupan omega-3 selain ikan (Foto: pixabay/engin_akyurt)

IKAN salmon, tiram, trout, sarden, bahkan ikan teri, adalah makanan yang kaya akan kandungan omega-3. Makanan tersebut penuh dengan kunci nutrisi, dan cukup mudah untuk ditemukan. Memakan makanan tersebut adalah cara yang disarankan oleh sebagian besar ahli kesehatan untuk mendapatkan manfaat dari omega-3.

Tetapi jika kamu tidak menyukai ikan, atau tidak secara teratur makan dua porsi yang direkomendasikan per minggu, menyelipkan lemak baik untuk ke dalam pola makan ternyata dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3.

Untungnya itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan sekarang ini, sebagai pengganti ikan kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan ringan kemasan kaya omega-3. Melansir laman health, berikut tiga pilihan makanan kaya omega-3 untuk kamu yang tidak suka makan ikan.

1. Dendeng Sapi Wagyu

3 Makanan Pengganti Kaya Omega-3 untuk Kamu yang Tidak Suka Ikan
Dendeng wagyu sapi juga terdapat dalam bentuk camilan (Foto: pixabay/leeyounghee)

Potongan-potongan ini tidak hanya selangkah lebih maju dari dendeng yang biasa kita temukan atau konsumsi, jenis dendeng ini dibuat dari daging sapi yang diberi makan rumput, yang artinya mereka memasok kandungan omega-3 di dalamnya.

Penelitian menunjukkan daging dan susu yang diberi makan rumput memberikan kadar omega-3 yang lebih tinggi daripada dendeng biasa pada umumnya. Kini jenis dendeng tersebut sudah tersedia di pasaran, bahkan ada camilan dendeng berbahan salmon jika kamu ingin menambahkan asupan omega-3 yang lebih besar.

2. Susu Coklat Organik dengan DHA

3 Makanan Pengganti Kaya Omega-3 untuk Kamu yang Tidak Suka Ikan
Susu coklat organik dengan omega-3 (Foto: pixabay/elpolox)

Bukan hanya untuk anak-anak, jenis susu yang satu ini juga baik bagi orang dewasa. Mungkin sebelumnya kamu pernah mendengar bahwa susu coklat adalah minuman pemulih yang luar biasa setelah berolahraga.

Dengan 8 gram protein yang cukup mengenyangkan dan jumlah kecil dari kalori hanya sekitar 150. Susu jenis ini bisa menjadi makanan pengganti omega-3 selain ikan, ini adalah cara termudah untuk mendapatkan manfaat dari omega-3, tepatnya terdapat 32 miligram kandungan omega-3 di setiap kemasannya.

3. Biskuit Omega-3

3 Makanan Pengganti Kaya Omega-3 untuk Kamu yang Tidak Suka Ikan
Biskuit oat kaya omega-3 (foto: pixabay/photosforyou)

Biskuit Oatmega misalnya, yang dikemas dengan 250 miligram omega-3. Itu 10 kali jumlah yang lebih banyak dibanding produk yang diperkaya omega-3 lainnya.

Setiap kepingnya memiliki 12 gram protein dan 10 gram serat, sehingga perawatan ini akan membuat kamu merasa kenyang untuk beberapa waktu.

Memang biskuit ini produk impor, namun kamu dapat membelinya secara online atau kamu juga bisa menemukannya di supermarket-supermarket internasional. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH