3 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Dikonsumsi Menjelang Tidur Yuk rajin konsumsi makanan dan minuman ini sebelum tidur. (Foto unsplash/Melissa Belanger)

MENDAPATKAN tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tidur yang cukup juga mampu membuatmu terasa lebih segar dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Healthline, waktu istirahat yang efektif bisa mengurangi risiko penyakit kronis, menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian dari PubMed Central, manusia direkomendasikan untuk tidur antara pukul tujuh sampai sembilan jam tanpa diganggu dalam semalam.

Meski begitu, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang nyenyak setiap harinya. Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur karena berbagai faktor termasuk anxiety, stres, insomia kronis serta depresi.

Ada banyak strategi yang bisa digunakan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, salah satunya adalah dengan membuat perubahan pada pola makanmu. Dilansir dari Healthline, yuk intip ketiga makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:

Masih Bisa Langsing, 3 Langkah Sukses Diet untuk Usia 40 Tahun ke Atas

1. Kacang almond

Kacang almond baik untuk kesehatan. (Foto Healthline)
Kacang almond baik untuk kesehatan. (Foto Healthline)

Kacang almond memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 28 gram kacang almond panggang kering mampu memenuhi 18% asupan fosfor harian dan 23% asupan riboflavin harian orang dewasa.

Penelitian yang dilakukan oleh PubMed Central juga mengklaim bahwa kacang almond mampu meningkatkan kualitas tidur jika dikonsumsi sebelum tidur.

Ini disebabkan karena kacang almond merupakan sumber dari melatonin, hormon yang mengatur jam internal tubuh serta memberi sinyal kapan kita harus tidur.

BACA JUGA:

3 Pertanyaan Seputar Orgasme Perempuan Akhirnya Terjawab

2. Chamomile tea

Konsumsi teh chamomile hangat sebelum tidur. (Foto Unsplash/Tea Creative Soo Chung)
Konsumsi teh chamomile hangat sebelum tidur. (Foto Unsplash/Tea Creative Soo Chung)

Teh chamomile merupakan teh herbal populer yang dikenal karena kandungan flavon. Flavon merupakan kelas antioksidan yang mampu mengurangi inflamasi yang menyebabkan penyakit kornis seperti kanker dan sakit jantung.

Penelitian dari Journal of Clinical Trials juga menyimpulkan bahwa minum teh chamomile bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Chamomile juga mengandung apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak agar bisa meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 juga menyimpulkan bahwa mereka yang minum teh chamomile dua kali sehari tidur 15 menit lebih cepat tanpa kebangun saat malam hari ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi teh chamomile.

3. Oatmeal

Tambahkan buah-buahan pada oatmealmu. (Foto unsplash/ Margarita Zueva)
Tambahkan buah dan kacang-kacangan pada oatmealmu. (Foto unsplash/ Margarita Zueva)

Oatmeal merupakan hidangan berserat yang sering dijadikan menu-menu diet. Ya, itu karena oatmeal memang memiliki kaya manfaat, apalagi jika kamu sedang menjaga atau ingin menurunkan berat badan.

Oatmeal juga memiliki kandungan melatonin seperti kacang almond sehingga kedua makanan ini sangat ideal untuk dikonsumsi sebelum tidur. (shn)

BACA JUGA:

3 Hal yang Harus Dibiasakan Setelah Bebas dari Behel

Kredit : shenna


shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH