3 Lokasi Wisata di Selandia Baru yang Merupakan Warisan Dunia Dari 3 Warisan Dunia di Selandia Baru satu belum bisa di akses untuk publik (Foto: Unsplash/Jonathan Cowperthwaite)

SELANDIA Baru memiliki tiga area yang telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh Komite Warisan Dunia UNESCO. Dengan diberi status ini, mereka tidak hanya diakui karena sangat pentingnya apa yang dimiliki mereka, tetapi juga memastikan bahwa mereka akan dilestarikan untuk masa depan.

Saat ini ada lebih dari 800 situs Warisan Dunia UNESCO di seluruh dunia. Tempat yang diberikan status dipilih karena alam atau budayanya. Selain tiga yang saat ini terdaftar dari Selandia Baru, ada delapan situs lagi yang telah diajukan untuk dipertimbangkan.

Baca Juga:

Panduan Liburan Musim Semi di Selandia Baru Terinspirasi dari Arief Muhammad

Dilansir lama Trip savvy, terdapat dua area Warisan Dunia Selandia Baru siap diakses oleh publik dan satu tidak. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang area indah kecantikan khusus ini.

Taman Nasional Tongariro, North Island

1
Taman nasional pertama di Selandia Baru (Foto: Unsplash/Daniel Chen)

Taman Nasional Tongariro berada di tengah North Island, tepat di sebelah selatan Danau Taupo. Merupakan taman nasional pertama yang didirikan di Selandia Baru dan menjadi situs Warisan Dunia pada tahun 1990. Taman ini terletak di sepanjang garis vulkanik yang terkenal Cincin Api. Termasuk gunung berapi Ruapehu, Tongariro dan Ngauruhoe.

Taman Nasional Tongariro sangat populer untuk aktivitas outdoor seperti berjalan kaki dan hiking termasuk wisata jalan kaki sehari yang populer di sekitar Danau Rotopounamu. Dua area ski utama North Island, Whakapapa dan Turoa berada di lereng Gunung Ruapehu.

Baca Juga:

Dari 'Nyeker' sampai Barang Gratis, Nih 6 Fakta Unik di Selandia Baru!

Te Wahipounamu, South Island

2
Menjadi area Warisan Dunia tahun 1990 (Foto: Unsplash/Marcus Lenk)

Te Wahipounamu berada di barat daya South Island. Meliputi empat taman nasional, yaitu Taman Nasional Westland, Taman Nasional Aoraki/ ount Cook, Taman Nasional Mount Aspiring dan Taman Nasional Fiordland. Total area lebih dari 2,6 juta hektar, sekitar sepuluh persen dari total luas Selandia Baru. Ini adalah rumah bagi beberapa flora dan fauna paling murni di dunia, dengan banyak spesies burung dan tanaman yang unik dan terancam punah. Itu menjadi area Warisan Dunia pada tahun 1990.

Kepulauan Sub-Antartika Selandia Baru

3
Dibutuhkan izin untuk mengaksesnya (Foto: doc.govt)

Dari sekian banyak pulau kecil yang merupakan bagian dari Selandia Baru, Sub-Antartika Group adalah yang paling terpencil. Terletak jauh di selatan South Island terdiri dari lima gugus pulau yang tersebar di area yang luas. Gugusan pulau itu terdiri dari Kepulauan Antipodes, Kepulauan Auckland, Kepulauan Bounty, Grup Pulau Campbell, dan Snares.

Semua pulau tidak berpenghuni dan dibutuhkan izin untuk pergi ke sana. Ada beberapa ekspedisi wisata terjadwal setiap tahun. Satwa liar sangat beragam dan signifikan dan pulau-pulau tersebut menjadi tempat bersarang bagi banyak spesies burung laut dan penguin. (lgi)

Baca Juga:

5 Fakta Selandia Baru yang Orang Indonesia Kerap Salah Paham

Kredit : leonard


Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH