3 Lagu Tulus Ajak Manusia Mendamaikan Diri Artwork album Manusia. (Foto: TulusCompany)

TULUS tidak pernah gaga menggubah lagu dengan lirik relatable dan peribahasa apik bagi para pendengarnya. Dalam rilisan album teranyarnya bertajuk Manusia merayakan 10 tahunnya berkarya di industri musik Tanah Air terdapat lagu-lagu mengisahkan upaya manusia untuk berdamai dengan keadaan. Lagu-lagu tersebut kemudian viral di media sosial karena diunggah bersamaan dengan beberapa kesaksian tentang kisah mendalam masing-masing pemilik akun.

"Inspirasi dari album ini adalah banyaknya interaksi saya dengan manusia. Di dalam album ini banyak menceritakan sekali ragam rasa, dinamisnya rasa kita rasakan sebagai manusia. Dan lagu-lagu ini juga ditulis dari cerita saya alami berkat interkasi dengan manusia," kata Tulus dalam jumpa virtual, Jumat (4/3).

Ada 10 lagu dalam album Manusia, di antaranya Kelana, Remedi, Interaksi, Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-Hati di Jalan, Dir, dan Tujuh Belas nan video musiknya sudah dirilis. Tulus berharap album kelimanya tersebut bisa tumbuh bersama dan menjadi teman di keseharian para pendengar.

Di album Manusia, Tulus turut berkolaborasi dengan para talenta berbakat, seperti Ari Renaldi, Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul. Beberapa di antara lagu dalam album tersebut bahkan ikut disempurnakan orkestrasi brilian dari Erwin Gutawa. Puluhan sessionist profesional, paduan suara, hingga orkestrasi besar juga terlibat dalam pengerjaan album ini.

Baca juga:

Tulus Ajak Penggemar Rayakan Jiwa Muda lewat Video Musik 'Tujuh Belas'

Berikut tiga lagu Tulus dari album Manusia mungkin relate dengan pengalamanmu berdamai dengan keadaan.

1. Diri

'Hari ini ajak lagi dirimu bicara mesra, bejujurlah pada dirimu kau bisa percaya'. Begitu kira-kira sepenggal lirik di lagu Diri. Lagu Diri sudah didengarkan sebanyak 2,2 juta kali tersebut menceritakan tentang memaafkan diri sendiri di masa lalu.

Pendengar diajak Tulus untuk berani berbicara jujur dengan diri sendiri mengenai kesalahan dan rasa optimis di masa depan. Jangan lupa juga untuk memaafkan masa lalu mungkin begitu menyakitkan atau sulit dilupakan. Lirik menyentuh juga disampaikan lewat 'Kau terlalu berharga untuk luka, katakan pada dirimu semua baik-baik saja'.

Seiring berjalannya waktu, luka dirasakan hari ini akan hilang ketika dijalani dengan senyuman. Ketika merasa lelah, beristirahatlah sejenak dan hayati alur napasmu. Lagu Diri seolah memberikan semangat bagi para pendengarnya terutama pernah merasakan pahit di masa lalu dan bangkit di hari ini.

2. Hati-Hati di Jalan

'Ku kira kita asam dan garam, dan kita bertemu di belanga', sepenggal lirik lagu Hati-Hati di Jalan lantas viral di media sosial, baik Instagram dan TikTok. Tulus nampaknya terinspirasi dari peribahasa 'Asam di gunung garam di laut bertemu dalam satu belanga' artinya meski tinggal berjauhan, kalau sudah jodoh pada akhirnya akan tetap hidup bersama juga.

Pada intinya, lagu ini menceritakan tentang dua sejoli sudah memiliki banyak kesamaan, namun tidak bisa bersatu dan kembali melanjutkan perjalanan mereka masing-masing. Pesan tersebut disampaikan lewat lirik 'Ku kira kita akan bersama, begitu banyak yang sama latarku dan latarmu'. Lagu Hati-Hati di Jalan kini sudah didengarkan lebih dari 6,7 juta kali.

Baca juga:

Rilis Album 'Manusia', Tulus: Lagunya Related dengan Kita Manusia

3. Tujuh Belas

Sesuai judul lagunya, Tujuh Belas berusaha mengajak penontonnya untuk merayakan jiwa muda dan mengingat kembali bagaimana kenangan saat kita berusia 17 tahun.

"Jiwa muda adalah spirit dapat terus ada di dalam kita, seberapa pun jauh perjalanan usia," kata Tulus dalam keterangan persnya diterima, Rabu (9/3). Penggalan lirik lagu Tujuh Belas yang berbunyi, 'Muda jiwa selamanya muda, Kisah kita abadi selamanya', tergambar di dalam video musik tersebut.

Perjalanan kehidupan manusia mulai dari masa kecil, berusia tujuh belas, lulus kuliah, menjadi dewasa, hingga kematian digambarkan melalui video sarat dengan gambar-gambar indah. (and)

Baca juga:

Rayakan 10 Tahun Bermusik, Tulus Hadirkan Album 'Manusia'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Amazon Prime Day Tawarkan Lebih dari 30 Game Gratis
Fun
Amazon Prime Day Tawarkan Lebih dari 30 Game Gratis

Prime Gaming, layanan baru Amazon yang menawarkan game gratis.

1000 Beasiswa untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia
Fun
1000 Beasiswa untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

Saatnya siswa Indonesia mendapatkan kualitas terbaik.

Cara Tepat Bersikap Kepada Penyintas Pelecehan Seksual
Fun
Cara Tepat Bersikap Kepada Penyintas Pelecehan Seksual

Jangan sampai kata-kata atau pun perlakuanmu kepada dirinya malah mengingatkan kembali traumanya.

Lagu ‘Sk8er Boi’ Avril Lavigne akan Diadaptasi Jadi Film
ShowBiz
Lagu ‘Sk8er Boi’ Avril Lavigne akan Diadaptasi Jadi Film

Sk8er Boi jadi salah satu lagu yang mengantarkan Avril Lavigne ke puncak karier.

Sebelum Menyesal, Pelajari Cara Meminta Maaf yang Benar
Hiburan & Gaya Hidup
Sebelum Menyesal, Pelajari Cara Meminta Maaf yang Benar

Keterampilan ini dapat membuat kamu tetap tenang dan bahkan dihargai dalam situasi yang paling menantang sekali pun.

Sisi Lain Cinta Laura dalam Lagu Terbaru
ShowBiz
Sisi Lain Cinta Laura dalam Lagu Terbaru

Konsep menarik yang diusung Cinta Laura di musik terbaru

Bandwagon Effect, Ketika Seseorang Suka Ikut-ikutan Tren
Fun
Bandwagon Effect, Ketika Seseorang Suka Ikut-ikutan Tren

Bandwagon effect bisa menimbulan dampak buruk bagi dirimu sendiri.

1 dari 10 Orang Dewasa di Dunia Hidup dengan Diabetes
Fun
1 dari 10 Orang Dewasa di Dunia Hidup dengan Diabetes

Jumlah orang dengan diabetes bertambah setiap tahunnya.

Pentingnya Kelola Keuangan untuk Biaya Darurat
Fun
Pentingnya Kelola Keuangan untuk Biaya Darurat

Siapkan dana darurat sejak dini.

Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman
Fun
Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman

Jangan sembarangan dalam memilih produk kecantikan