Keuangan

3 Komitmen Investasi untuk Generasi Z

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 08 Juli 2022
3 Komitmen Investasi untuk Generasi Z
Generasi Z harus mulai berinvestasi. (Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

MENINGGALKAN usia 18 merupakan momen yang spesial dan mendebarkan bagi para Generasi Z. Bukan hanya bersiap untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi seperti universitas, tetapi juga untuk terjun ke dalam dunia baru, yaitu masa dewasa.

Beberapa mungkin sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari investasi untuk Gen Z, cara mengelola keuangan, dan sebagainya tetapi masih banyak juga yang belum paham mempersiapkannya.

Baca Juga:

Yakin Investasi Kripto Bikin Lebih Mudah Dapat Pasangan?

Sayangnya persiapan menuju dewasa ini tidak ada buku panduannya dan tidak diajarkan secara formal di bangku sekolah. Belajar berkomitmen adalah dasar kehidupan yang penting untuk disadari oleh para Gen Z agar menjadi pribadi dewasa penuh tanggung jawab dan sehat secara mental bahkan finansial.

Properti merupakan salah satu aset investasi terbaik. (Foto: Unsplash/Tierra Mallorca)

"Salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan yang optimal, sehingga Gen Z dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial di masa muda," tutur Chief of Human Resources & Marketing Officer PT FWD Insurance Indonesia Rudy Franto Manik dalam keterangan resminya.

Dari sekian banyak hal yang bisa mulai dibudayakan, para Gen Z bisa memulai dengan
tiga komitmen investasi berikut ini:

1. Komitmen investasi pada hubungan sosial

Investasi tidak melulu berhubungan dengan uang atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses adulting.

Mengumpulkan dan menyeleksi lingkaran pertemanan yang sehat serta membawa pengaruh positif di dalam hidup kita adalah langkah awalnya. Sedangkan proses investasinya adalah dengan memupuk hubungan tersebut melalui kegiatan bersosialisasi seperti kumpul makan di luar, berlibur bareng, saling memberi perhatian, dan selalu berpegang pada filosofi: apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai.

2. Komitmen investasi pada aset

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, banyak sekali pilihan berinvestasi yang bisa dengan mudah diakses dari genggaman kita melalui ponsel pintar. Memiliki ponsel pintar berarti penggunanya pun harus smart dalam memilih investasi yang baik dan menguntungkan untuk masa depan.

Di samping aset cair, yaitu uang tabungan di bank, ada beragam jenis investasi untuk gen Z yang bisa diakses secara digital seperti menanam saham di reksadana atau obligasi negara ORI, hingga membeli properti seperti rumah atau apartemen.

Baca Juga:

Jangan Tunda Lagi Cari Tahu Dunia Investasi di The Investment House

Jangan lupakan investasi kesehatan. (Foto: Unsplash/Online Marketing)

3. Komitmen investasi pada kesehatan

Bersama orang-orang yang tepat, kita bisa saling dukung dan menopang. Selain keluarga di rumah, sebaiknya ada satu atau dua sahabat dekat yang bisa kita jadikan kontak darurat di ponsel kita agar bisa dihubungi kapanpun.

Namun, tidak semuanya bisa ditanggung oleh sahabat kita atau bahkan tabungan kita sendiri di bank. Taruh semua rasa cemasmu terkait masalah kesehatan kepada layanan asuransi yang biasanya menjadi fasilitas di tempat kamu bekerja. Seperti asuransi penyakit kritis FWD Critical First Protection dari FWD Insurance. (ikh)

Baca Juga:

Ngapain Sih Betah Berlama-Lama Menggulir Layanan Pesan-Antar Makanan Sampai Seharian!

#Keuangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan