3 Ketum Parpol Koalisi Jokowi Bakal Datangi KPU Hari Ini

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 10 Agustus 2022
3 Ketum Parpol Koalisi Jokowi Bakal Datangi KPU Hari Ini
Komisi Pemilihan Umum. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Gelombang partai yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 terus berlanjut menjelang penutupan pendaftaran pada 14 Agustus 2022.

Kali ini, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersama dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftar secara bersamaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (10/8).

Baca Juga:

KPU Sebut Dokumen Pendaftaran Hanura, Gerindra, dan PKB Lengkap

Ketiganya adalah partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang berencana mendaftar pukul 10.00 WIB.

Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi menyebut, pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 dengan melaksanakan pendaftaran Pemilu di KPU.

Ia menyebutkan, dalam pendaftaran tersebut pihaknya bersama kedua partai koalisi yang tergabung dalam KIB melaksanakan arakan drumband, marawis, reog hingga permainan tradisional egrang untuk mengiringi tiga Ketum Parpol yang ikut langsung ke KPU.

"Bang Zulkifli Hasan (Ketum PAN), Pak Airlangga Hartarto (Ketum Golkar), dan Bang Suharso Munoarfa (Ketum PPP) akan hadir langsung mendaftarkan partainya masing-masing ke KPU RI,” kata Waketum DPP PAN Viva Yoga Mauladi.

Ketiga ketum partai politik yang menjabat menteri di kabinet Presiden Joko Widodo ini, diklaim ingin menunjukan kekompakannya pada kontestasi Pemilu 2024 dan Pilkada bulan November 2024.

Tak hanya ketiga partai tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga dikabarkan bakal mendaftar pada hari yang sama.

Sekedar informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima permohonan pendaftaran 18 parpol calon peserta Pemilu 2024. Dari semua permohonan itu, 13 partai dinyatakan telah melengkapi berkas.

Sementara itu, lima partai lainnya dinyatakan belum melengkapi berkas. Mereka diminta untuk melengkapi berkas hingga akhir masa pendaftaran, yaitu 14 Agustus 2022.

Pada saat yang sama, KPU melakukan verifikasi administrasi terhadap partai-partai politik yang telah melengkapi berkas.

Baca Juga:

Pimpin Pendaftaran ke KPU, Prabowo Klaim Bertanggung Jawab atas Masa Depan Bangsa

#Breaking #Pemilu #KPU
Bagikan
Bagikan