3 Kandidat Pengganti Luis Milla sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 09 September 2018
3 Kandidat Pengganti Luis Milla sebagai Pelatih Timnas Indonesia
Pelatih timnas Indonesia U-23 Luis Milla (kiri) memberi pengarahan pada latihan menjelang pertandingan dengan Mongolia pada turnamen Internasional Aceh World Solidarity 2017 di Banda Aceh, Aceh. Foto:

MerahPutih.com - Nasib pelatih Luis Milla bersama timnas Indonesia masih belum jelas kendati PSSI sudah memutuskan mempertahankan entrenador asal Spanyol tersebut.

Gagal memenuhi target, tangan dingin arsitek asal Spanyol itu mulai diragukan. Tapi, PSSI buru-buru memberikan klarifikasi. Milla tetap dipercaya sebagai pelatih Timnas Indonesia level senior dan U-23.

Bukan sebagai penenang, keputusan PSSI malah memunculkan tanda tanya. Mereka secara sepihak ingin memperpanjang kontrak Milla selama setahun. Namun, juru taktik berusia 52 tahun itu tidak kunjung memberikan jawaban. Nasib pelatih Timnas Indonesia masih gantung. Milla belum mengiyakan tawaran PSSI.

Luis Milla (Foto: PSSI.org)

Hajatan terdekat Milla bersama Timnas Indonesia adalah Piala AFF 2018. Tapi, baru juga menggelar persiapan, rumor tidak sedap mulai tercium. Selain belum bergabung dengan Timnas Indonesia yang tengah bersiap menghadapi Mauritius pada partai uji tanding, 11 September mendatang, ada kabar pula PSSI menunggak gaji Milla dalam dua bulan belakangan.

Sederet nama digosipkan bakal mengemban penerus tongkat estafet Milla di Timnas Indonesia. Berikut BolaSkor.com himpun untuk pembaca setia.

Widodo Cahyono Putro

Widodo Cahyono Putro

Tangan dingin Widodo Cahyono Putro mulai terasah di Bali United. Di musim pertamanya, arsitek asal Cilacap, Jawa Tengah itu berhasil membawa timnya menjadi runner up Liga 1 musim lalu.

Status peringkat kedua juga mengantar Bali United untuk pertama kalinya bersaing di Liga Champions Asia. Namun, nasin Fadil Sausu dan kawan-kawan kurang beruntung. Tim berjuluk Serdadu Tritadu itu rontok di babak kualifikasi.

Menyoal prestasi, Widodo masih kering gelar untuk tim yang dilatihnya. Meski begitu, namanya kini perlahan disegani sebagai arsitek mumpuni.

Sosok Widodo pun digadang-gadang bakal menjadi pelatih Timnas Indonesia kelak. Namanya mulai tersiar sebagai pengganti Milla yang diperkirakan tidak menyetujui tawaran perpanjangan kontrak dari PSSI.

Robert Rene Alberts

Satu dari dua nama pelatih asing yang gencar dikabarkan bakal menukangi Timnas Indonesia. Sosok tersebut ialah Robert Rene Alberts.

Rene bukan juru taktik sembarangan di Liga Indonesia. Arsitek asal Belanda itu pernah membawa Arema FC keluar sebagai kampiun pada 2009/10 lalu.

Rene dikenal sebagai pelatih yang mahir memadukan pemain muda dan senior. Cocok untuk skuat Timnas Indonesia yang saat ini didominasi jebolan Asian Games 2018.

Saat ini, Rene tengah melatih PSM Makassar. Dua musim sudah dibesutnya. Prestasi terbaiknya adalah mengantar tim berjuluk Pasukan Ramang itu bersaing di tiga besar Liga 1 musim lalu.

Di bawah Rene, sederet pemain terlupakan kembali menunjukan tajinya. Rasyid Bakrie dan Ferdinand Sinaga adalah contohnya.

Pelatih berusia 63 tahun itu pun jadi kandidat kuat juru taktik Timnas Indonesia.

Simon McMenemy

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy. Foto/dok.BhayangkaraFC

Tidak ada yang lebih pantas menangani Timnas Indonesia selain Simon McMenemy. Mirip dengan Rene, arsitek asal Skotlandia itu hobi menyatukan darah muda dan senior.

Saat membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 musim lalu, mayoritas pemainnya adalah darah muda. Berkat tangan dinginnya, Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn pun berhasil berkarier di luar negeri.

Yang membuat Simon paling layak menggantikan Milla ialah dirinya telah paham betul dengan karakter para pemain Timnas Indonesia. Awan Setho Raharjo, I Putu Gede Juni Antara, Muhammad Hargianto, Evan Dimas hingga Ilham Udin yang notabene langganan membela negara tengah atau pun pernah ditanganinya.

Deretan pemain itu yang membawa Bhayangkara FC menyabet trofi Liga 1 2017. Dengan tambahan pemain muda dan senior yang berkualitas, bukan tidak mungkin Simon dapat menjadikan Timnas Indonesia sebagai raksasa Asia. (*)

#Luis Milla #PSSI #Iimnas Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan