K-Pop
3 Kali Hadiri Sidang PBB, BTS Sampaikan Pesan Positif Tiga pesan positif yang dibagikan di UNGA. (Foto: Hybe Labels)

BUKAN satu atau dua, tapi tiga kali BTS tampil dalam acara sekelas Sidang Umum PBB. Tidak hanya duduk di bangku penonton, ketujuh personel itu mewakili Korea Selatan membawakan pidato untuk menyampaikan pesan positif kepada dunia.

Tonggak sejarah tercipta karena mereka adalah satu-satunya sekaligus idola Korea Selatan pertama yang melakukannya. Di hadapan petinggi dan pemimpin dunia, BTS berdiri bukan hanya sebagai musisi saja, melainkan juga pembawa pesan untuk memberikan impak pada penggemar maupun generasi muda.

Bertepatan dengan acara UN General Assembly ke-76, yuk kita lihat kembali tiga pesan positif yang disampaikan BTS di UNGA.

Baca juga:

BTS Berpidato di UN General Assembly ke-76

1. Speak Yourself

3 Kali Hadiri Sidang PBB, BTS Sampaikan Pesan Positif
Pada perhelatan UNGA ke-75, BTS meminta kaum muda untuk mencintai diri dan berani menyuarakan diri sendiri. (Foto: UNICEF)

Pengumuman kehadiran BTS disambut dengan gegap gempita oleh ARMY. Di tengah kesibukan tur dunia, BTS berkerjasama dengan UNICEF untuk meluncurkan kampanye Love Myself yang ditujukan untuk membangun keyakinan bahwa cinta sejati pertama dimulai dengan mencintai diri sendiri.

Lebih lanjut, BTS juga bermitra dengan program #ENDviolence UNICEF untuk melindungi anak dan remaja di seluruh dunia dari kekerasan.

Kemudian UNICEF akhirnya mengajak BTS untuk menyampaikan pidato dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-73. Mewakili anggota lain, RM atau Kim Nam-joon berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Ia memulai pidatonya dengan menceritakan dirinya tak hanya sebagai RM dari BTS, melainkan juga Nam-joon, seorang pria biasa berusia 24 tahun yang memiliki banyak kekurangan, ketakutan, dan ketidakamanan.

Namun, semua kesalahan itu yang membentuknya jadi bintang paling terang di konstelasi hidupnya. "Saya telah datang untuk mencintai diri saya sendiri untuk siapa tadinya saya, siapa saya saat ini, dan siapa yang saya harapkan di masa depan,” ucapnya.

Jadi setelah belajar untuk mencintai diri sendiri, BTS meminta semua untuk speak yourself. Ceritakan tentang dirimu, apa yang membuatmu bersemangat dan membuat jantungmu berdetak.

"Saya memiliki banyak kesalahan dan saya memiliki banyak ketakutan, tetapi saya akan merangkul diri saya sekeras yang saya bisa dan saya mulai mencintai diri sendiri, sedikit demi sedikit. Siapa namamu? Speak yourself," tutup RM.

2. Life Goes On, Let's Live On

Sempat vakum setahun, BTS akhirnya diminta kembali menghadiri UNGA. Sayang, kali ini mereka tak dapat hadir secara langsung karena pandemi, tapi isu itulah yang justru menjadi pembahasan utama. RM memulai video pidatonya yang direkam dari Korea Selatan.

"Namun COVID-19 di luar imajinasi saya. Tur dunia kami dibatalkan, semua rencana kami menjadi kacau dan saya menjadi sendiri. Saya melihat ke atas tetapi tidak dapat melihat bitang-bintang di malam hari," tutur pria kelahiran Ilsan itu.

Kemudian satu-persatu personel BTS membagikan sudut pandangnya mengenai keterpurukan yang dialami karena pandemi. Jimin melanjutkan leader-nya dengan mengatakan betapa ia merasa sangat putus asa dengan dunia baru itu.

"Kemarin saya bernyanyi dan menari dengan penggemar di seluruh dunia dan sekarang duniaku menyusut menjadi sebuah ruangan," kata Jimin. Suga menambahkan bahwa dunianya menjadi begitu kecil. Begitu pula V yang mengungkapkan rasa kesepian, frustasi, dan depresinya.

Akan tetapi, J-Hope mengatakan bahwa mereka bertujuh mulai saling merangkul emosi dan melakukan satu-satunya hal yang familiar buat mereka, membuat musik. Setelahnya, Jin mengaku bahwa ia mulai kembali menemukan orang yang dicintai, musik, dan akhirnya dirinya sendiri.

Tak ketinggalan, sang golden maknae juga sampaikan pesannya. "Jika ada sesuatu yang bisa saya lakukan, jika suara kami daoat memberi kekuatan kepada orang-orang, maka itulah yang kami inginkan dan itulah yang akan terus kami lakukan," ucap Jungkook.

Akhirnya, RM menutup rangkaian pidato BTS dengan mengatakan bahwa hari depan mungkin buruk, sulit, dan menyakitkan. Kita semua mungkin terjatuh, namun BTS akan selalu ada bersama penggemar.

"Mari bayangkan kembali dunia kita. Kita meringkuk kelelahan bersama, tapi mari bermimpi lagi. Mari bemimpi tentang masa depan ketika dunia bisa keluar dari kamar kecil lagi," lanjut RM. "Mungkin terasa seperti selalu malam dan kita selalu sendiri, tapi malam selalu paling gelap sebelum fajar menyingsing," tutupnya.

Baca juga:

Pidato di UN General Assembly, BTS Gaet ARMY Baru

3. Welcome Generation

3 Kali Hadiri Sidang PBB, BTS Sampaikan Pesan Positif
BTS mengingatkan generasi muda untuk selalu punya harapan. (Foto: Twitter/@BTS_bighit)

Pada perhelatan UNGA ke-76, BTS kembali hadir. Kali ini mereka datang sebagai utusan resmi Presiden Moon Jae-in. Bahkan beberapa hari sebelum keberangkatan, BTS diundang ke Blue House untuk mendapat paspor diplomatik.

Kali ini, ketujuh personel membaca bergantian menggunakan bahasa Korea. Selain menyoroti perubahan iklim dan status vaksinasi ketujuh anggota BTS, mereka masih membicarakan harapan bagi generasi muda di masa pandemi.

Highlight utamanya terletak pada penyebutan generasi pandemi. RM pernah mendengar bahwa orang berumur 20-an dianggap lost generation karena kehilangan arah akibat pandemi COVID-19. Namun, Jin membatahnya dengan mengatakan bahwa generasi ini lebih tepat disebut sebagai Welcome Generation.

"Jadi daripada menyebutnya sebagai lost generation, sebutan yang lebih cocok adalah welcome generation karena mereka tidak takut akan perubahan dan menyambut hal baru di depannya dan berusaha untuk maju," ucap personel tertua BTS itu.

Jimin juga menambahkan bahwa generasi ini tidak tersesat karena menemukan keberanian baru untuk menghadapi tantangan baru. Akan tetapi Jungkook membenarkan bahwa dunia kadang terpaku pada tempatnya.

"Rasanya seperti kehilangan arah. Ada saat ketika kita mkerasakan hal yang sama," tutur Jungkook. Oleh sebab itu, Suga menyebutkan bahwa inilah waktu yang tepat untuk mengetahui betapa berharganya waktu yang selama ini kita anggap remeh.

V ikut menyemangati melalui pesan menggugah. "Kami harap kamu tidak berpikir masa depan sebagai kegelapan yang suram. Masih ada banyak halaman tersisa dalam cerita ini, jadi saya berharap kita tidak seharusnya berbicara sepertinya akhirnya telah tertulis," tuturnya.

Sebagai penutup, RM berpesan kepada semua orang untuk terus mempercayai harapan. "Jika kita percaya pada kemungkinan dan harapan, bahkan ketika hal yang tidak terduga terjadi, kita tidak akan kehilangan arah, tapi menemukan arah yang baru. Percaya bahwa setiap pilihan yang kita buat adalah awal dari perubahan, bukan akhir," sarannya. (sam)

Baca juga:

BTS Umumkan Rencana Konser Live Streaming

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ternyata Ini Alasan Kenapa Pria Jarang Minta Maaf
Fun
Ternyata Ini Alasan Kenapa Pria Jarang Minta Maaf

Padahal enggak ada salahnya pria minta maaf.

Dewa United Juara ESI DKI Jakarta Esports Series
Fun
Dewa United Juara ESI DKI Jakarta Esports Series

Dewa United Esport berhasil menjuarai Jakarta Esport Series.

Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer
Fun
Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer

Kini konten audio dari Spotify dapat dibagikan ke Facebook.

Pentingnya Riset dalam Film Menurut Spike Lee
Fun
Pentingnya Riset dalam Film Menurut Spike Lee

Dengan adanya riset film yang dihasilkan akan berkualitas.

Stok GPU Menipis, Nvidia Sarankan Gunakan GeForce Now
Fun
Stok GPU Menipis, Nvidia Sarankan Gunakan GeForce Now

GPU Nvidia diborong, stok langka di pasaran.

Microsoft Akan Akuisisi Konami dan Sega
Fun
Microsoft Akan Akuisisi Konami dan Sega

Belum lama ini beredar rumor bahwa raksasa teknologi Microsoft akan mengakuisisi perusahaan game ternama yakni Konami dan Sega

Seru Buat Mabar, Ini 3 Game Bergenre Horor Paling Menegangkan
Fun
Seru Buat Mabar, Ini 3 Game Bergenre Horor Paling Menegangkan

5 game horor multiplayer ini makin seru dimainkan bareng teman.

Hindari Deh, Jenis Makanan yang Melemahkan Daya Tubuh
Hiburan & Gaya Hidup
Hindari Deh, Jenis Makanan yang Melemahkan Daya Tubuh

Faktanya, beberapa makanan favorit banyak orang justru buruk bagi daya tahan tubuh kamu.

Cara Shopee Sambut Kemerdekaan Indonesia
Fun
Cara Shopee Sambut Kemerdekaan Indonesia

Situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membawa pengaruh besar bagi masyarakat dalam skala nasional.