3 Jenis Panjat Tebing yang Menantang Beberapa jenis panjat tebing (Foto: businessdestinations)

SALAH satu olahraga ekstrem yang berkembang cukup pesat adalah panjat tebing. Olahraga ini sarat dengan tantangan maut. Jika salah melakukan pijakan, tak menutup kemungkinan akan menghembuskan nafas terakhir di sana.

Dibutuhkan kondisi fisik prima dan mental tahan banting untuk melakukannya. Selain itu diperlukan beberapa peralatan khusus dan teknik spesifik untuk mengekseskusi tantangan. Kekuatan kaki, lengan dan jari tangan menjadi faktor penting.

Baca juga:

Tips Ampuh Membeli Mobil Bekas agar Kamu Untung Besar

Ada banyak jenis panjat tebing yang cukup popular di dunia. Beberapa diantaranya sangat menantang. Penasaran apa saja itu?

Panjat Tebing Bebas

Biasanya tidak akan didukung oleh tim evakusasi. (Foto: theatlantic)
Biasanya tidak akan didukung oleh tim evakusasi. (Foto: theatlantic)


Panjat tebing bebas biasanya dilakukan di alam terbuka. Tebing curam atau gunung menjadi spot terbaik untuk melakukannya. Dalam melahap rute panjat tebing, biasanya tidak akan didukung oleh tim evakusasi.

Dengan begitu, pemanjat tebing akan merasakan sensasi penuh kebebasan namun sangat berisiko. Kekuatan fisik, keterampilan jari-jari tangan dan skill dalam memanfaatkan tali, menjadi faktor paling penting. Bagi pemula disarankan untuk menguasai dulu beberapa skill sampai benera-benar siap.


Bouldering

Trek sering dibuat bertingkat disertai rintangan. (Foto: publicgeneralist)
Trek sering dibuat bertingkat disertai rintangan. (Foto: publicgeneralist)

Bouldering merupakan jenis panjat tebing yang jarak ketinggiannya tergolong pendek. Tapi sensasi keseruannya tetap ada karena disertai rintangan. Trek memanjat sering dibuat bertingkat dan level kesulitan yang sangat menantang.

Baca juga:

Otot Makin Besar, Penggunaan Steroid Ternyata Buruk untuk Tubuh

Bouldering menggunakan papan atau matras yang ditaruh di bagian dasar permukaan sebagai alat keamanan. Pemakaian tali tidak diwajibkan dalam olahraga ini. Bouldering dianggap sebagai langkah awal menguasai panjat tebing.


Solo Climbing

merupakan jenis panjat tebing yang paling. (Foto: sulitredbull)
merupakan jenis panjat tebing yang paling. (Foto: sulitredbull)

Dianggap sebagai jenis panjat tebing yang paling ekstrem. Hal ini dikarenakan pemanjat akan bergantung penuh pada kekuatan fisiknya. Olahraga ini dilakukan sendirian dan tidak dilindungi tali pengaman. Di bagian bawah lokasi pemanjatan biasanya terdapat laut ataupun kolam.

Solo Climbing merupakan jenis panjat tebing yang paling sulit. Selain kondisi fisik, mental juga menjadi bagian yang harus perhitungan untuk kuasai. Memanjat tebing tinggi tanpa bantuan bisa sangat berakibat fatal. (Lgi)

Baca juga:

Beberapa Spot Hiking Keren di Dunia


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani