Kuliner
3 Ide Cerdas Bikin Pisang Lemas Naik Kelas Pisang yang keliwat matang b sia diolah jadi naik kelas. (foto: pexels-shvets-production)

SIAPA yang tak suka pisang? Buah yang masuk kelas beri ini digemari segala usia. Rasanya yang manis dan legit bisa dinikmati kapan saja.

Tak hanya enak, pisang juga kaya nutrisi loh. Daging pisang mentah mengandung 75 persen air, 23 persen karbohidrat, 1 persen protein, dan mengandung sedikit lemak yang dapat diabaikan. Dalam 100 gram pisang, terkandung 89 kalori, jumlah itu mencakup 31 persen dari nilai asupan harian yang direkomendasikan di AS, vitamin B6, dan vitamin C dalam jumlah sedang, mangan, dan serat pangan.

BACA JUGA:

Lebih Memiliki Banyak Manfaat Makan Pisang Mentah

Umumnya, pisang dinikmati saat tingkat kematangan sedang. Hal itu dicirikan dengan kulit pisang berwarna kuning cerah nan mulus. Selain itu, tekstur daging buah masih legit, sedikit empuk, tapi tak terlampau lembek. Ketika menjadi keliwat tua, pisang berubah warna kuning dengan bercak hitam di beberapa bagian buah. Dagingnya pun lembek. Hal itu membuat pisang terlihat lemas.

Meski pisang keliwat matang terlihat lemas dan tak mengundang selera, nutrisi yang terkandung di dalamnya tak kalah juara loh. Yesdok menyebut pisang yang keliwat matang kaya akan kandungan potasium, mangan, serat, tembaga, vitamin C, vitamin B6, dan B6.

banana nugget
Membuatnya jadi nugget pisang amat mudah.(foto: Instagram @infokulinerpandaan)

Dengan kandungan nutrisi sedemikian rupa, buah ini membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit kardiovaskular, serta masalah pencernaan. Sayang sekali rasanya membuang begitu saja buah pisang yang keliwat matang hanya karena tampilannya yang lemas. Agar pisang lemas bisa naik kelas, coba deh cerdas untuk mengolahnya.

Cara termudah mengolah pisang keliwat tua yakni dengan membuatnya menjadi nuget pisang. Cukup mudah membuat camilan yang dibuat tenar Kaesang Pengarep ini. Lima buah pisang ambon tua kamu lumatkan. Setelah itu, campur dengan lima sendok makan tepung terigu, tiga sendok makan gula, tiga sendok makan susu kental manis, sedikit vanili, dan sebutir telur. Aduk rata semuanya dalam wadah. Setelah itu, tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi margarin atau minyak. Kukus selama 30-40 menit hingga matang.

BACA JUGA:

5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Dinginkan lalu potong sesuai selera. Celupkan potongan pisang ke tepung terigu yang sudah dilarutkan. Lalu balurkan ke tepung panir. Simpan di kulkas selama 15 menit agar tepung menempel. Goreng dalam minyak panas sampai kecokelatan. Sajikan nuget pisang dengan pugasan favorit kamu deh.

Suka sesuatu yang tradisional? Ubah deh pisang lemas jadi pisang rasi khas Bali. Kamu bisa menggunakan pisang uli, raja bulu, atau kepok. Cara membuatnya mudah. Campur 3 sendok makan tepung terigu, 6 sendok makan tepung beras, 2 sendok makan tepung tapioka, dan 3 sendok makan air kapur sirih. Beri air sampai jadi adonan kental. Perhatikan jangan sampai adonan terlalu encer agar bisa menyelimuti pisang dengan baik. Jika ingin pisang rai lebih tampil menarik, kamu bisa menambahkan perasa pandan ke adonan.

pisang rai
Pisang rai nikmat disajikan bersama lupis dengan siraman gula merah. (foto: Instagram @tanurmili)

Panaskan air dalam wajan. Beri daun pandan dan sedikit minyak. Celupkan pisang ke adonan lalu rebus di air mendidih. Tunggu sampai pisang mengambang. Angkat lalu balurkan dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan digarami. Untuk pelengkap, siram gula merah cair ke atas pisang rai. Manis dan legit rasanya.

Ide lain untuk mengolah pisang lemas ialah membuatnya menjadi muffin pisang. Banyak resep untuk sajian ini. Pisang yang digunakan juga beragam. Ada yang memanfaatkan pisang ambon, ada juga yang memakai pisang cavendish. Umumnya sih, kamu cuma butuh tepung terigu, vanili, telur, gula, dan margarin atau butter. Biar lebih naik kelas, kamu bisa tambahkan choco chips ke adonan. Dijamin deh, pisang lemas yang enggak lagu mengundang selera berubah jadi kudapan berkelas nan nikmat.(dwi)

BACA JUGA:

Resep Kolak Pisang untuk Buka Puasa

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Meneliti Gua Pawon dengan Drone LiDAR
Fun
Meneliti Gua Pawon dengan Drone LiDAR

Penelitian Gua Pawon dilakukan guna keperluan akademis.

Sontek Rahasia Kulit Glowing Bintang 'Twenty Five, Twenty One' Kim Tae-ri
ShowBiz
Sontek Rahasia Kulit Glowing Bintang 'Twenty Five, Twenty One' Kim Tae-ri

Tak bisa dimungkiri sih, Tae-ri punya kulit nan halus, mulus, dan sehat.

Ed Asner 'Up' Meninggal Dunia
Fun
Ed Asner 'Up' Meninggal Dunia

Ia juga merupakan legenda serial TV pada era 70-an

Tahun Baru, saat Tepat Perhatikan Kesehatan Mental
Hiburan & Gaya Hidup
Tahun Baru, saat Tepat Perhatikan Kesehatan Mental

Tak sedikit yang justru terjebak dalam ancaman kecemasan hingga depresi.

Pentingnya Edge Computing untuk Industri 4.0 di Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Pentingnya Edge Computing untuk Industri 4.0 di Indonesia

Edge computing dapat membantu perusahaan dalam industri 4.0.

4 Power Couple Dengan Penampilan Terbaik di Met Gala 2021
ShowBiz
Vaksin Booster Berikan Perlindungan Tinggi terhadap Paparan Omicron
Fun
Vaksin Booster Berikan Perlindungan Tinggi terhadap Paparan Omicron

Vaksin booster memperkecil kemungkinan terpapar COVID-19 varian Omicron.

Badan Tetap Ringan dengan Trik Diet ala Rider MotoGP
Fun
Badan Tetap Ringan dengan Trik Diet ala Rider MotoGP

Pemilihan makanan jadi kunci sehat atlet kelas dunia.

Ducati Mendominasi, Hal-Hal Menarik di MotoGP Amerika
Hiburan & Gaya Hidup
Ducati Mendominasi, Hal-Hal Menarik di MotoGP Amerika

Marc Marquez amankan posisi keenam setelah tercecer ke posisi bontot.

Terimbas Konflik, Museum Komputer dan Game Retro Terbesar Ukraina Hancur
Travel
Terimbas Konflik, Museum Komputer dan Game Retro Terbesar Ukraina Hancur

Lebih dari 500 unit komputer, konsol dan kartrid gim retro yang telah dijaga oleh para kurator, rusak.