3 Hidangan Penutup Khas Jepang ini Tidak akan Menggangu Usaha Dietmu Hidangan penutup manis akan selalu menggugah selera (interstate.co.jp)

MENGONSUMSI makanan manis seperti hidangan penutup mungkin dapat membuatmu bersalah ketika kamu tengah dalam usaha diet untuk menurunkan berat badan. Namun, terkadang penting bagi kita untuk sesekali memanjakan diri untuk menikmatinya.

Jika itu mungkin menjadi dilema bagi kamu yang sedang berdiet, terdapat berbagai hidangan penutup khas Jepang yang memiliki tidak terlalu tinggi dan mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untukmu.

Meski sedang dalam usaha diet, kamu dapat selalu memilih hidangan penutup manis yang lebih sehat, yang tidak hanya dapat menurunkan konsumsi gula tapi juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus suasana hati kamu.

Tiga hidangan penutup khas Jepang di bawah ini bisa kamu coba, tanpa kekhawatiran berlebih ketika kamu sedang dalam usaha diet:

1. Black Sesame Ice Cream

es krim wijen hitam jepang
Es krim wijen hitam cenderung berwarna kurang cerah (thehongkongcookery.com)

Biji wijen hitam telah dianggap sebagai salah satu bahan makanan tertua yang diketahui manusia. Dikenal akan beberapa manfaat kesehatan yang dimilikinya seperti mengurangi risiko kanker, menghilangkan sembelit dan ganggun pencernaan, menstabilkan tekanan darah, bahkan anti-aging alami. Kamu akan mudah menemukan es krim ini jika berkunjung ke Jepang, di Indonesia pun jenis es krim serupa juga sudah bisa ditemukan lho.

2. Kinako Kakigori

Kinako Kakigori Jepang
Es serut khas Jepang dengan sirup kinako (thisis-japan.com)

Kinako adalah bahan sehat lain yang sering dikonsumsi di Jepang, itu juga dikenal dengan tepung kedelai panggang. Memiliki jumlah protein, lemak, karbohidrat, serat makanan, mineral dan vitamin yang sangat tinggi dan bagus untuk ditambahkan kedalam menu dietmu. Kakigori atau es serut adalah cara yang populer untuk menikmati kinako, yang kerap dijadikan sirup atau saus untuk hidangan penutup ini.

3. Tofu Pudding

Pudding Tofu Jepang
Hidangan penutup ini juga dikenal dengan 'tofu blancmange' (justonecookbook.com)

Tofu telah dikenal banyak orang sebagai sumber protein yang baik. mengandung semua asam amino esensial dan juga merupakan sumber zat besi, kalsium, mangan, selenium, dan fosfor yang sangat baik. Salah satu hidangan penutup populer di Jepang adalah tofu pudding, yang juga dikenal dengan 'tofu blancmange'. Hidangan penutup yang umumnya terbuat dari madu, gelatin, dan susu kedelai. kamu bisa membuatnya sendiri diruma dengan melihat resep untuk membuatnya dari situs YouTube, atau kamu bisa mencarinya di supermarket bertema Jepang.

Bahkan jika kamu sedang dalam usaha menurunkan berat badan atau diet, kamu tidak perlu merasa bersalah untuk menikmati tiga hidangan penutup khas Jepang di atas. Ketiganya memiliki kadar serat yang tinggi, rendah kalori, dan tentunya lezat. (ADP)

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH