3 Hal ini yang Bisa Buat Diet Berhasil

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 15 Juli 2020
3 Hal ini yang Bisa Buat Diet Berhasil
Sudah diet tapi bobotbadan tidak turun? (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

SEKALI lagi diet! Yup, diet adalah cara orang untuk mendapatkan tubuh yang proporsional, bila tidak bisa dikatakan ideal. Tentunya bentuk tubuh yang tidak melebar, perut rata dan dagu tidak jadi dua.

Namun kadangkala sudah melakukan diet, badan tetap saja seperti semula tak ada perubahan. Alih-alih bobot badan turun, malah jadi naik. Ada tiga hal yang harus kamu perhatikan bila hendak melakukan diet.


Baca Juga:

Bagaimana Kalau Kita Terlalu Banyak Minum?


Karbohidrat

karbo
Hidnari makanan yang mengandung karbohidrat. (Foto: Pexels/bruce mars)

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat jelas dapat menaikkan berat badan. Maka dari itu kamu harus memperhatikan takaran karbohidrat yang pas untuk tubuh. Jika kamu ingin diet ketat maka takaran yang kamu konsumsi di bawah normal namun jangan ekstrim.

Pengaruh berkurangnya karbohidrat maka kalori yang masuk dalam tubuh ikut berkurang. Dengan demikian tubuh dapat membakar kalori lebih cepat. Penelitian membuktikan bahwa diet rendah karbohidrat berdampak pada nafsu makan yang berkurang.


Konsumsi protein, lemak dan sayuran

sayur
Brokoli membantu program diet. (Foto: Pixabay/RitaE)


Selama program diet yang harus diperhatikan dengan baik adalah asupan protein, lemak dan sayuran rendah karbohidrat (brokoli, jamur, kembang kol, buncis, terong). Dengan asupan yang berimbang dari ketiganya akan mendukung program diet kamu. Sebagai contoh, protein akan meningkatkan pengeluaran kalori sebesar 80 hingga 100 kalori per hari. Sayuran rendah karbohidrat dapat memberikan nutrisi yang cukup. Berikan tubuh lemak yang sehat seperti minyak zaitun, alpukat, atau mentega.


Baca Juga:

Kiat Menyiapkan Makanan dan Minuman Sehat di Kenormalan Baru


Olahraga kinerja otot

olahraga
Olahraga untuk menunjang kinerja otot. (Foto: Pexels/Lukas)


Diet tanpa melakukan olahraga sama sekali tidak efektif. Melakukan olahraga yang meningkatkan kinerja otot dapat membakar kalori lebih banyak. Kemudian dapat mencegah metabolisme melambat, karena dari berbagai orang yang melakukan diet ini akan merasa masa ototnya melemah. Untuk mencegah itu alangkah baiknya melakukan olahraga sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. (ray)


Baca Juga:

Manfaat Apel Bagi Kesehatan

#Diet #Sayur Mayur
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan