Selebritas

3 Hak Istimewa untuk Rosé BLACKPINK lewat Gelar MBE

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 24 November 2023
 3 Hak Istimewa untuk Rosé BLACKPINK lewat Gelar MBE
Rosé BLACKPINK diizinkan untuk menikah di Katedral Santo Paulus berkat penghargaan MBE. (Foto: Instagram/@Roses_are_rosie)

SEBUAH gelar baru saja disematkan pada Rosé dan tiga anggota BLACKPINK lainnya. Ini adalah gelar kehormatan Member of the Order of The British Empire atau MBE.

Dilansir oleh laman Allkpop, penghargaan terhormat ini diberikan secara simbolis oleh Raja Charles III dalam sebuah upacara di Istana Buckingham, Rabu (22/11) waktu Inggris. Lewat upacara ini, Raja Charles menyerahkan sebuah kotak hitam berisikan pita berwarna merah dengan aksen pin emas.

Baca Juga:

Rose BLACKPINK Sempat Tidak Direstui Orang Tua Untuk Jadi Artis

Gelar MBE ini diberikan sebagai bentuk penghargaan Kerajaan Inggris terhadap kontribusi BLACKPINK terkait isu lingkungan. Girl group kuartet ini secara resmi telah bergabung sebagai advokat atau pendukung keputusan COP26 terkait dengan perubahan iklim. Sebagai duta, BLACKPINK secara aktif juga menyuarakan aspirasi mereka dan mengajak banyak pihak untuk lebih melek soal lingkungan.

Rosé menjadi satu-satunya anggota BLACKPINK yang dapat hak istimewa ini. (Foto: Instagram/@Roses_are_rosie)

Karena pengabdian inilah, penghargaan MBE pun diberikan. Mengacu dari laman BBC, gelar ini awalnya diberikan oleh Raja George V untuk menghargai kerja keras dan pengabdian warga sipil kepada Britania Raya selama masa Perang Dunia I. Kini, gelar itu pun turut disematkan pada orang penting yang berkontribusi besar di aktivitas atau area kerja tertentu.

Nah, tak sekadar penghargaan belaka, MBE juga ternyata punya makna penting untuk Rosé BLACKPINK. Berbeda dari Jennie, Jisoo, dan Lisa, penyanyi yang satu ini justru mendapat sederet hak istimewa dari gelar MBE, loh. Sebab, Rosé punya status kewarganegaraan Selandia Baru, salah satu negara Persemakmuran Inggris. Berikut tiga hak istimewa yang didapat Rose lewat gelar ini:

1. Punya nama tambahan

Gelar MBE yang baru saja tersemat ini membuat Rosé kini memiliki nama tambahan terletak di belakang nama lengkapnya. Pelantun single GONE tersebut kini dapat dikenal sebagai Roseanne Park MBE. Dikutip dari laman Royal Central, MBE pada nama Rosé lebih ke bersifat tambahan dan bukan gelar kehormatan hierarkis.

Baca Juga:

Rosé BLACKPINK Rindukan Masa Lalunya

2. Dapat menikah di Katedral Santo Paulus

Karena berstatus sebagai MBE dan warga negara Selandia Baru, Rosé pun memeroleh izin untuk menikah di Katedral Santo Paulus, London, suatu saat nanti. Tak hanya Rosé, anak-anaknya di masa depan nanti juga punya kesempatan yang sama, loh.

Jika meneruskan kontribusinya dan kerja samanya tentang isu perubahan iklim saat ini, Rosé bisa saja naik pangkat menjadi DBE. (Foto: Instagram/@Roses_are_rosie)

Gereja besar ini merupakan tempat yang sama dengan tempat berlangsungnya pernikahan antara Pangeran Charles (Raja Charles III) dan Putri Diana pada 1981.

3. Berkesempatan memeroleh gelar 'Dame'

Saat ini, Rosé masih duduk sebagai anggota atau member. Ini merupakan urutan awal dalam Order of the British Empire dan paling banyak disematkan pula ke orang lain.

Mengacu dari laman Royal Central, Rosé bisa saja naik pangkat dan memeroleh gelar kstaria perempuan 'Dame'. Gelar ini bisa ia dapatkan jika telah mencapai posisi Knight/Dame Commander of the Order of the British Empire (KNE/DBE). Posisi tertinggi kedua ini didapat melalui pengabdian panjang dan kontribusi besar yang terus berlanjut. (mcl)

Baca Juga:

Rosé BLACKPINK Ungkap Cita-Cita Masa Kecil yang Absurd

#Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan