3 Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu Seputar Hari Valentine Hari valentine telah ada sejak zaman dahulu (Foto: Unsplash/auntneecey)

HARI valentine dirayakan setiap 14 Februari. Ratusan tahun tradisi dan adat istiadat telah membuatnya menjadi hari libur di beberapa negara. Berikut ini sembilan fakta menarik tentang liburan yang didedikasikan untuk cinta. Buat kamu yang belum mengetahui fakta-fakta tentang hari valentine, yuk ketahui sekarang bersama orang yang kamu cintai.

Baca juga:

4 Inspirasi 'Makeup' Spesial di Hari Valentine

1. Surat yang Ditujukan kepada Juliet

3 Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu Seputar Hari Valentine
Zaman dahulu ribuan orang mengirim surat romantis kepada Juliet (Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Setiap tahun, ribuan orang mengirim surat romantis yang ditujukan ke Verona, Italia untuk Juliet, dan subjek dengan tragedi yang paling romantis dan bersifat abadi adalah kisah Romeo dan Juliet.

Kota Verona menandai lokasi kisah dari karya Shakespeare, dan surat-surat yang mencapai kota akan dengan patuh dijawab oleh tim relawan dari Juliet Club. Setiap tahun, pada hari valentine, klub memberikan hadiah 'Cara Giulietta' (Dear Juliet) kepada penulis surat cinta yang paling menyentuh.

2. Kotak cokelat

3 Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu Seputar Hari Valentine
Tradisi hari valentine memberikan sekotak berisi permen cokelat dimulai pada abad ke-19 (Foto: Pixabay/BilliTheCat)

Tradisi memberikan sekotak berisi permen cokelat ketika valentine dimulai pada abad ke-19 oleh Richard Cadbury, keturunan keluarga pembuat cokelat Inggris.

Baca juga:

Beri Kado Valentine Sesuai dengan Kesukaan Si Doi, Dijamin Makin Lengket

Dengan teknik baru yang didirikan di perusahaan untuk menciptakan lebih banyak varietas cokelat, Cadbury mengambil kesempatan untuk menjual cokelat sebagai bagian dari liburan yang dicintai.

3. Valentine Pertama Ditulis dari Penjara

3 Fakta Menarik yang Harus Kamu Tahu Seputar Hari Valentine
Valentine pertama ditulis di penjara (Foto: Unsplash/aikanotebooks)

Valentine pertama ditulis di salah satu tempat paling tidak romantis yaitu penjara. Charles, Duke of Orleans (gelar yang disediakan untuk royalti Prancis), menulis surat cinta kepada istri keduanya pada usia 21 saat ditangkap di Pertempuran Agincourt.

Sebagai seorang tahanan selama lebih dari 20 tahun, Charles tidak pernah melihat reaksi valentine istrinya terhadap puisi yang ditulisnya pada awal abad ke-15.

Baca juga:

Buat Makan Malam di Hari Valentine Makin Spesial dengan 5 'Desserts' Istimewa Ini

Demikian sedikit fakta tentang hari valentine yang terjadi di zaman dahulu. Dari fakta-fakta tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana kisah cinta orang dulu atau kehidupan asmara putri dan pangeran di zaman itu. (Arb)



Ananda Dimas Prasetya