3 Fakta Menarik Tentang 'Si Anak Tengah', Kamu Salah Satunya? Apakah kamu anak tengah? (Foto: student-rag)

DALAM berbagai film dan serial TV, anak tengah sering distereotipkan sebagai seorang yang kerap diperlakukan berbeda dari kakak atau adiknya, dan seringkali dibanding-bandingkan. Meskipun begitu, kenyataannya anak tengah memiliki beberapa sifat positif yang tidak dimiliki kakak atau adiknya.

Dilansir dari laman mentalfloss, penelitian telah menunjukkan bahwa anak tengah cenderung lebih independen dan kreatif. Berikut adalah fakta menarik mengenai anak tengah, manakah yang paling sesuai menurutmu?

Baca juga:

Anak Tengah Kurang Diprioritaskan, Mitoskah?

1. Anak tengah semakin langka

3 Fakta Menarik Tentang 'Si Anak Tengah', Kamu Salah Satunya?
Anak tengah semakin langka. (Foto: Reader's Digest)

Ada masa ketika awal abad ke-20 dimana memiliki tiga atau empat anak dilihat sebagai jumlah yang ideal. Semakin berjalannya waktu, hanya 12% perempuan pada usia awal 40-an yang memiliki anak lebih dari empat.

Semakin banyak orang yang mencari ilmu sampai kuliah sehingga biaya yang dibutuhkan akan semakin besar. Semakin berkembangnya zaman, pengeluaran dalam membesarkan anak semakin lama juga semakin meningkat sehingga biasanya satu atau dua anak menjadi jumlah ideal dalam sepasang suami istri.

Faktor inilah yang mendukung terciptanya keluarga yang lebih kecil, yang mana akan memperkecil kemungkinan hadirnya anak tengah.

Baca juga:

Anak Sulung Cenderung Menjadi Pemimpin?

2. Pandai bernegosiasi

3 Fakta Menarik Tentang 'Si Anak Tengah', Kamu Salah Satunya?
Anak tengah pandai bernegosiasi. (Foto: Business Insider)

Terlepas dari persepsi umum yang mengatakan bahwa anak tengah kurang mendapatkan perhatian dari orang tua mereka, Katrin Schumann, seorang penulis buku The Secret Power of Middle Children pernah melakukan penelitian tentang anak tengah yang menyimpulkan sesuatu yang menarik.

Hasil penelitian Schumann mengatakan bahwa anak tengah memiliki sifat pandai bernegosiasi. Dilansir dari laman Psychology Today, "Anak tengah tidak selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan, sehingga mereka menjadi seorang manipulator yang pandai dan terampil," tambah Schumann.

Mereka lebih mau berkompromi sehingga mereka mampu berdebat dengan sukses dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka juga cenderung lebih sabar dan menghargai proses.

3. Anak tengah cenderung lebih setia dan jujur dalam hubungan

3 Fakta Menarik Tentang 'Si Anak Tengah', Kamu Salah Satunya?
Anak tengah setia dan jujur terhadap pasangannya. (Foto: MyHeritage Blog)

Jika kamu menginginkan pasangan yang setia, maka carilah pasangan yang merupakan anak tengah di keluarganya. Dr. Catherine Salmon telah melakukan penelitian yang menyimpulkan bahwa 80% anak tengah mengakui bahwa mereka tidak pernah menyelingkuhi pasangannya.

Jumlah ini cukup besar mengingat hanya sebesar 53% dari mereka yang merupakan anak bungsu dan 65% dari mereka yang merupakan anak pertama yang mengatakan tidak pernah selingkuh dari pasangannya.

Tidak hanya setia, Schumann juga mengatakan bahwa anak tengah cenderung paling mampu memuaskan dan membahagiakan pasangannya dibandingkan anak pertama dan anak terakhir. (shn)

Baca juga:

Sayang Anak Sangatlah Penting, Tapi Jangan Lupa untuk Mencintai Pasanganmu


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH