3 Fakta Keren yang Perlu Kamu Tahu Tentang Satelit Nusantara Satu Peluncuran satelit Nusantara Satu (foto: majalah.social)

SATELIT Nusantara satu merupakan satelit broadband pertama untuk Indonesia. PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) berhasil meluncurkan satelit Nusantara Satu menuju orbitnya.

Dengan menggunakan teknologi High Throughtput Satellite (HTS) diyakini bisa memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingan dengan satelit kovensional yang saat ini ada di Indonesia.

Jumat 22 Februari lalu, satelit nusantara satu berhasil lepas landas dari Cape Caneveral Florida, Amerika Serikat. Menggunakan roket Falcon 9 dari Space-X, satelit akan menuju slot orbit 146 derajat BT tepatnya di atas pulau papua, Indonesia.

Nantinya, satelit ini akan dikendalikan Satellite Control Center (SCC) yang berlokasi di Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat. Berikut adalah tiga fakta mengenai satelit Nusantara Satu:

1. Kemampuan Internet tiga kali lebih cepat dari sebelumnya

3 Fakta Keren yang Perlu Kamu Tahu Tentang Satelit Nusantara Satu
Kecepatan internet di Indonesia akan bertambah tiga kali lipat (foto: beritateknologi.com)


Ternyata satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas sampai dengan 15 Gbps lho, atau tiga kali lipat lebih cepat dari kapasitas satelit konvensional yang digunakan di Indonesia saat ini.

Selain itu satelit ini juga akan memberikan nilai lebih bagi aktivitas perekonomian masyarakat, dengan diluncurkannya satelit ini diharapkan bisa berdampak baik bagi kesejahteraan sosial ekonomi di Indonesia juga.

2. Membangun konektivitas sumber daya manusia

3 Fakta Keren yang Perlu Kamu Tahu Tentang Satelit Nusantara Satu
Mendekatkan yang jauh (foto: Pixabay/Rawpixel)


Pada zaman sekarang ini memang sangat diperlukan untuk membangun konektivitas sumber daya manusia, hadirnya inovasi ini akan membantu untuk membangun konektivitas sumber daya manusia.

Sebagaimana Nusantara Satu menjanjikan jaringan internet yang sangat cepat, sehingga itu akan membantu koneksi antara suatu masyarakat dengan yang lainnya dalam jarak yang cukup jauh.

Dengan cara inilah kamu harus bisa mengakses informasi untuk meningkatan keragaman dan kualitas lapangan kerja yang akan tercipta.

3. Mengatasi kesenjangan akses internet

3 Fakta Keren yang Perlu Kamu Tahu Tentang Satelit Nusantara Satu
Upaya mengatasi kesenjangan internet (foto: indonesiaraya.co.id)


Manfaat terakhir dari satelit Nusantara Satu adalah mengatasi kesenjangan akses internet, baik untuk pengguna di kota maupun yang ada di daerah terpencil sekalipun.

Faktanya masyarakat Indonesia sekarang ini masih kekurangan akses internet karena banyaknya faktor. Tetapi jangan khawatir, dengan kehadiran satelit Nusatara Satu dapat mengatasi kesenjangan akses internet di bebagai pelosok lho. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH