3 Efek yang Didapat Newcastle United setelah Diakusisi Konsorsium Arab Saudi Foto: Newcastle United

MerahPutih.com - Kabar bahagia sedang dirasakan fans Newcastle United setelah klub berjuluk The Magpies diakusisi konsorsium Arab Saudi. Pembelian saham senilai 300 juta poundsterling sekaligus mengakhiri rezim Mike Ashley selama 14 tahun.

PIF (Saudi Arabia's Public Investment Fund), PCP Capital Partners, dan RB Sports & Media yang berada di bawah kepemimpinan Pangeran Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman mengakuisisi Newcastle.

Baca Juga

5 Hal Menarik dari Ivan Toney, Striker yang Ditakdirkan Bermain di Premier League

"Premier League, Newcastle United Football Club dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media," demikian pernyataan resmi klub.

"Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur Premier League, klub telah dijual ke konsorsium dengan segera."

"Premier League sekarang telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Klub Sepak Bola Newcastle United."

Pemain Newcastle United. Foto: Twitter/@NUFC

Kedatangan Pangeran Arab Saudi mendapatkan sambutan luar biasa dari suporter. Joe Pompliano yang bekerja di bidang olahraga dan bisnis, melaporkan di Twitter kebahagiaan fans menyambut kedatangan pemilik klub dengan kekayaan mencapai 500 miliar dollar Amerika Serikat.

"Klub Premier League Newcastle telah diakuisisi oleh dana kekayaan Arab Saudi sebesar 400 juta dollar Amerika. Dengan aset 500 miliar miliar, pemilik baru Newcastle memiliki lebih banyak uang daripada gabungan semua klub Premier League lainnya. Para penggemar tampaknya cukup senang," tutur Pompliano.

Mengapa fans bahagia dengan kedatangan pemilik baru? Selain klub sudah lama dimiliki oleh Mike Ashley dan berada di kesemenjanaan, ada tiga efek yang juga dapat diberikan oleh pemilik baru tersebut. Apa saja?

1. Potensi Pemain Bintang Datang

Duit yang tidak terbatas yang dimiliki Sultan Arab membuat Newcastle United menjadi klub tajir. Mereka bisa mendatangkan pemain-pemain dengan kualitas nomor wahid.

Banderol pemain seperti Neymar, Erling Haaland, Kylian Mbappe mahal dan itu wajar, mengingat kualitas yang dapat diberikan mereka untuk klub yang diperkuat.

Newcastle tidak akan langsung menuju ke sana, tetapi perlahan seperti halnya PSG atau Manchester City, dengan kekuatan uang dapat membangun skuad yang ideal.

Membeli pemain-pemain dengan harga tinggi dan tentunya sesuai kebutuhan klub, bukan hal yang mustahil lagi dilakukan Newcastle.

2. Manajer

Steve Bruce dengan besar hati selalu mendukung apapun keputusan yang dibuat Newcastle untuknya. Legenda Manchester United itu sudah melatih Newcastle sejak 2019 dan memberikan stabilitas, setidaknya untuk tidak terdegradasi.

Akan tapi seiring kedatangan pemilik klub dengan kekayaan yang mereka miliki, serta ambisi sukses, posisi Bruce bisa terancam. Pasalnya dalam karier kepelatihannya, sukses meraih trofi bukan kemampuan terbaik untuknya.

Newcastle dengan proyek besar yang mereka miliki dapat meyakinkan manajer-manajer top melatih tim agar sukses. Saat ini, Antonio Conte tengah menganggur dan bisa saja ia tertarik dengan proyek menjanjikan Newcastle.

3. Target yang Lebih Ambisius

Dengan aset yang dimiliki pemilik baru dan hasrat untuk berinvestasi, otomatis target klub tidak akan lagi sekedar bertahan dari jerat zona degradasi atau berada di papan tengah Premier League.

Berkaca dari pengalaman AS Monaco dan Malaga, yang dahulu sempat diakusisi pemilik kaya raya tapi pada akhirnya mereka tak serius membangun klub, pemilik Newcastle memang masih harus dilihat ke depannya dengan komitmen mereka kepada klub.

Akan tapi jika mereka berinvestasi dengan tepat, membangun skuad dengan pemain-pemain serta manajer berkualitas, fans dapat berharap klub kesayangan mereka turut berburu trofi. (Bolaskor)

Baca Juga

Akhir Era Mike Ashley, Perusahaan Arab Saudi Beli Newcastle Seharga 300 Juta Poundsterling

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Leani Ratri Raih Perak, Fredy Setiawan Sumbang Perunggu
Olahraga
Leani Ratri Raih Perak, Fredy Setiawan Sumbang Perunggu

Kontingen Paralimpiade Indonesia kembali menyumbangkan medali melalui cabang parabadminton melalui Leani Ratri Oktila dan Fredy Setiawan.

Olimpiade Tokyo: Praveen Jordan/Melati Daeva Kandas dari Pasangan Tuan Rumah
Olahraga
Ganda Putra Pram/Yeremia Juara Belgian International Challenge 2021
Olahraga
Ganda Putra Pram/Yeremia Juara Belgian International Challenge 2021

Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yacob Rambitan juara Belgian International Challenge setelah mengalahkan rekan senegaranya Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dua gim langsung 21-18, 22-20, Sabtu (30/10).

FIFA Tunda Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia
Olahraga
FIFA Tunda Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

FIFA menyatakan pandemi COVID-19 masih menjadi tantangan bagi terselenggaranya ajang olahraga dan kondisi serba sulit saat ini.

Pecahnya 150 Rekor Baru di Papernas XVI Papua 2021 yang Ditutup Jokowi
Olahraga
Pecahnya 150 Rekor Baru di Papernas XVI Papua 2021 yang Ditutup Jokowi

Tercipta pemecahan 150 rekor baru saat Papernas, di level nasional hingga ASEAN Para Games.

Syarat Elemen Liga 1 dan Liga 2 Terima Vaksin COVID-19
Olahraga
Syarat Elemen Liga 1 dan Liga 2 Terima Vaksin COVID-19

Permintaan itu disampaikan Polri saat menggelar pertemuan dengan Kemenpora, PSSI, Liga Indonesia Baru, dan KONI beberapa hari lalu. Menurutnya, saat ini polisi masih mengkaji karena ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi.

Persib Ajak Bobotoh Nonton Piala Menpora 2021 di Rumah
Olahraga
Persib Ajak Bobotoh Nonton Piala Menpora 2021 di Rumah

Umuh mendorong kepada para sesepuh atau petinggi kelompok suporter untuk mengoordinasikan para pendukungnya untuk antusias mendukung Persib di rumah saja.

Batal Gelar Piala Wali Kota, Gibran Bidik Tuan Rumah Liga 2
Olahraga
Batal Gelar Piala Wali Kota, Gibran Bidik Tuan Rumah Liga 2

Untuk menjadi tuan rumah Liga 2 tahapannya dari Manajemen Persis Solo yang mengajukan sebagai peserta klub Liga 2 ke PT LIB. Selaku peserta Liga 2, Persis Solo sudah mengajukan komunikasi dengan Pemkot Solo.

Stafsus Presiden Apresiasi Dewa United FC Bagikan 1.500 Vaksin Gratis untuk Masyarakat
Olahraga
Stafsus Presiden Apresiasi Dewa United FC Bagikan 1.500 Vaksin Gratis untuk Masyarakat

Kegiatan ini merupakan program Vaksinasi Dewa United FC yang bersinergi dengan TNI, Polri dan Staf Khusus Kepresidenan.

Menpora Sebut Greysia/Apriyani Srikandi Olahraga Indonesia
Olahraga
Menpora Sebut Greysia/Apriyani Srikandi Olahraga Indonesia

“Saya sangat menyadari itu. Alhamdulillah cara itu tepat dan kita bisa lihat penampilan mereka yang tanpa beban tapi tetap fokus mengumpulkan poin demi poin. Selamat para Srikandi olahraga Indonesia,” ujar Zainuddin.