3 Destinasi Wisata Religi di Kabupaten Kuningan Tempat wisata Pemandian Cibulan, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Kabupaten Kuningan tak ubahnya kota-kota wisata alam lainnya, seperti Lembang, Batu Malang, Magelang Jawa Tengah, bahkan Sleman Yogyakarta. Keindahan alamnya sangat menarik, dan cukup bervariasi. Tak ayal, banyak wisatawan menjadikan Kuningan sebagai destinasi wisata alam favorit untuk kawasan Jawa Barat bagian timur.

Di luar itu, ternyata Kabupaten Kuningan menyimpan destinasi wisata religi. Meski tak banyak, tempat-tempat wisata religi ini menyuguhkan daya tarik tersendiri.Bila umumnya wisata religi hanya menyuguhkan tempat-tempat bersejarah dan misteri, destinasi wisata religi di sini justru menyimpan pesona alam di sekitarnya.Untuk mengetahui lebih lanjut ihwal tempat wisata tersebut, berikut merahputih.com sajikan ulasan singkatnya.

1. Sumur 7 Sikajayaan

Sumur Tujuh Cikajayaan bukanlah sembarang sumur. Sumur ini memiliki sejarah religi yang kuat. Sumur Tujuh Cikajayaan selalu ramai dikunjungi sebagai destinasi wisata religi. Letaknya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tak jauh dari Telaga Biru, sekira 700 meter. Namun, bila perjalanan dari Kota Kuningan, memakan waktu sekitar 45 menit. Sementara dari Kota Cirebon sekitar 1 jam lebih.

Juru kunci sumur tujuh cikajayaan, Wajit, menyatakan bahwa sumur ini merupakan petilasan tokoh pemyebar agama di Kabupaten Kuningan dan sekitarnya. "Ini bekas petilasan para wali dulunya. Di sini dulunya Mbah Si Kajayaan. Dulunya wali, dari Kacirebonan, karena ini dulu masuk ke Kacirebonan," kata Wajit, saat berbincang dengan merahputih.com, di Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat, baru-baru ini.

Meski tak memgetahui secara pasti, Wajit memperkirakan usia sumur telah mencapai ratusan tahun. "Yang pertama megang itu kakek saya. Umurnya aja sudah 170 tahun. Ini udah ke lima turunan. Ya udah ratusan tahun. 200 tahun bisa jadi," paparnya.

Petilasan ini menjadi bukti bahwa wali penyebar agama Islam telah sampai di Desa Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Masyarakat Pasawahan mendapat syiar agama Islam secara langsung. Bahkan, saat ini, bekas petilasan wali tersebut menjado sumber penghidupan masyarakat. "Mata airnya kan jernih. Bermanfaat buat warga di sini. Malah pernah sempat dimanfaatkan juga sama orang Cirebon. Jadi sampe ke Cirebon ini," paparnya.

2. Cibulan

Sekitar 20 kilometer dari Kota Cirebon, Anda akan menemukan berbagai macam objek wisata. Tepatnya berada di bawah atau di kaki Gunung Ciremai. Salah satunya ialah Pemandian Cibulan. Letaknya di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Cirebon atau sekitar 45 menit dari Kuningan bagian kota.

Di sini, Anda dapat menghilangkan rasa lelah, menikmati kesejukan pepohonan yang rindang, hingga sensasi bermain maupun mandi bersama ikan dewa. Di dalam kolam Anda bisa melihat puluhan ikan dewa atau ikan kancra bodas (Labeobarbus dournesis) berenang-renang kian kemari.Selain menikmati kolam, Anda juga dapat berkunjung ke 7 mata air keramat Cibulan. Letaknya hanya beberapa meter dari kolam. Mata air keramat ini termasuk dari bagian wisata pemandian Cibulan.

Konon kabarnya, tujuh mata air keramat tersebut merupakan bukti singgahnya Prabu Siliwangi ke Kuningan. Tak ayal, tujuh sumur keramat Cibulan selalu dikunjungi sebagai wisata religi. Mereka umumnya melakukan ritual doa dan ritual lainnya. Bahkan, tak sedikit pula di antara wisatawan sengaja membawa air tersebut karena dianggap mampu membawa keberkahan.

Untuk masuk ke objek wisata yang diresmikan pada tahun 1939 ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp15.000 per orang. Tarif ini belum termasuk biaya parkir, Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

3. Goa MariaGoa Maria Kuningan ini terdapat di sebuah desa Cisantana yang berada di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Goa maria Kuningan atau disebut juga goa maria sawer rahmat kuningan ini konon dibangun atas inisiatif penduduk setempat, terletak di sebuah bukit yang bernama bukit Totombok, sebelah barat Desa Cisantana. Goa ini seakan-akan menjadi tempat kramat dan seringkali menjadi tempat prosesi keagamaan. Tempat ini pun menjadi salah satu tempat wisata religu di daerah Kuningan. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Misteri Monyet Putih Seukuran Manusia di Curug Cigamea
  2. Berwisata Melihat Keunikan Curug Cigamea di Bogor
  3. Melancong ke Pulau Kenawa, Surganya Sumbawa
  4. Wisata Laut Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat
  5. Kolbano, Pantai Unik Bertabur Batu Warni-Warni
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Piknik Asyik di Alam Bogor
Travel
Piknik Asyik di Alam Bogor

Liburan di masa pandemi ini, yuk piknik luar ruang.

Ogoh-Ogoh Mulai Diarak Sejak Nyepi Jadi Hari Libur Nasional 39 Tahun Lalu
Tradisi
Ogoh-Ogoh Mulai Diarak Sejak Nyepi Jadi Hari Libur Nasional 39 Tahun Lalu

Keppres Penetapan Nyepi sebagai hari libur nasional bersama dengan Hari Raya Waisak.

Beli Nasi Goreng tanpa Nasi, Bisa Gitu?
Kuliner
Beli Nasi Goreng tanpa Nasi, Bisa Gitu?

Nasi goreng tanpa nasi? Apa jadinya?

Dibuka Kembali dengan Beberapa Pembatasan, Intip Tata Cara Masuk Ancol
Travel
Dibuka Kembali dengan Beberapa Pembatasan, Intip Tata Cara Masuk Ancol

Taman Impian Jaya Ancol mulai membuka lagi operasionalnya, bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Namun dengan syarat sudah vaksin.

PT TWC Luncurkan Paket Wisata Jalan-jalan Pagi di Candi Prambanan
Travel
PT TWC Luncurkan Paket Wisata Jalan-jalan Pagi di Candi Prambanan

Dengan paket ini, wisatawan diajak menikmati segarnya suasana pagi di dalam kompleks Prambanan.

Penyerahan Kekuasaan Eksekutif Sukarno ke Tangan Suharto
Tradisi
Penyerahan Kekuasaan Eksekutif Sukarno ke Tangan Suharto

Salah satu suratnya berisikan bahwa Sukarno menyatakan dirinya bersedia untuk menyerahkan kekuasaan eksekutif kepada Suharto.

Angelina Ayuni Praise, Pemudi Penari dari Timur Indonesia
Tradisi
Angelina Ayuni Praise, Pemudi Penari dari Timur Indonesia

Pemudi ini mewariskan tari Indonesia.

Makan Jeroan Terlalu Sering Bisa Mengancam Kesehatan
Kuliner
Makan Jeroan Terlalu Sering Bisa Mengancam Kesehatan

Risiko terlalu banyak makan jeroan bisa membuatmu memiliki kolesterol tinggi

Sebelum Nonton MotoGP, Kunjungi Destinasi Wisata di Seputaran Mandalika
Travel
Sebelum Nonton MotoGP, Kunjungi Destinasi Wisata di Seputaran Mandalika

Mandalika memiliki destinasi wisata yang penuh pesona.

Menparekraf Sandiaga Izinkan Anak dibawah 12 Tahun Berwisata, ini syaratnya
Travel
Menparekraf Sandiaga Izinkan Anak dibawah 12 Tahun Berwisata, ini syaratnya

Sandiaga Uno mengatakan syarat utama adalah kedua orangtua sang anak sudah divaksinasi COVID-19.