3 Cara Mudah Pilih Sampo yang Tepat untuk Rambut rambut indah (pinterest)

MerahPutih Cantik – Rambut merupakan mahkota bagi wanita yang harus dijaga kebersihan dan keindahannya. Mempunyai rambut panjang, hitam dan indah tentunya menjadi dambaan bagi setiap wanita.

Namun bagi sebagaian wanita pasti sering kali menemukan masalah rambut, mulai dari rambut rontok, kering, bahkan kusam. Ternyata semua hal itu terjadi karena kita salah memilih jenis sampo yang salah untuk rambut dan kulit kepala kita.

Sebuah studi menemukan bahwa pemilihan sampo yang kurang tepat menjadi alasan utama penyebab timbulnya berbagai masalah rambut, termasuk rambut frizzy. Namun bagi anda yang memiliki berbagai macam maslaah rambut dapat memeperhatikan beberapa tips berikut jika ingin memilih produk sampo yang akan anda gunakan.

1. Perhatikan pH sampo

Anda harus pintar memilih sampo dengan kandungan pH normal atau pH rendah, karena pH normal kulit kepala 5.5. Jika sampo memiliki pH diatas 5.5 (p.H normal kulit kepala), maka rambut akan menjadi mudah patah dan ujung rambut akan bercabang. Hindari penggunaan clarifying shampoo terlalu sering karena bahan-bahan alkalinya dapat merusak struktur batang rambut.

2. Cek Ingredients

Sebelum memutuskan untuk membeli sampo, pastikan sampo yang ingin anda gunakan tidak mengandung bahan alergenik. Hindari bahan seperti silicone dan dimethicone jika memiliki struktur rambut yang tipis, karena dapat menciptakan lapisan yang membuat rambut tipis menjadi kusam. Namun untuk yang memiliki maslaah rambut kering maupun keriting, gunakan sampo dengan kandungan oil, shea butter, dan nut oil untuk menjaga kelembapan batang rambut.

3. Ketahui Jenis Kulit Kepala

Hal utama yang paling penting saat anda akan memilih sebuah produk sampo yang akna anda gunakan. Kenali dulu jenis kulit kepala anda. Jika kulit kepala anda berminyak, pilihlah sampo yang dapat membersihkan sisa-sisa kotoran di kulit kepala dari debu dan keringat, sehingga pori-pori dikulit kepala anda tidak akan tersebut hingga menimbulkan ketombe.

Baca Juga:

3 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan

Masker Rambut Alami Cegah Kerontokan dengan Telur

Manfaat Garam Bagi Kesehatan Kulit Wajah

5 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh

4 Tips Menjaga Kesehatan Mata


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH