3 Jurus Hemat Kuota di Smartphone Android Tanpa kuota, ponsel Android ibarat tidak memiliki "nyawa". (Foto: pixabay)

Kuota sudah menjadi "nyawa" untuk smartphone Anda. Bagaimana tidak, tanpa ada kuota, smartphone yang Anda miliki tidak bisa mengakses internet.

Salah satu alternatif agar hemat kuota ialah memanfaatkan Wi-Fi Hotspot. Namun, bagaimana jika Anda tidak menemukannya?

Mau tidak mau, Anda mesti menggunakan kuota dari operator seluler. Agar kuota tidak cepat habis, berikut 3 cara menghemat kuota.

1. Atur Auto Update aplikasi melalui Wi-Fi

Anda pasti memiliki banyak aplikasi yang diunduh melalui Playstore. Setiap beberapa waktu, aplikasi-aplikasi tersebut memiliki update aplikasi terbaru yang membutuhkan jaringan internet.

Tanpa Anda sadari, update tersebut membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Anda bisa mengatur update otomatis tersebut melalui menu pengaturan pada Playstore. Caranya, buka aplikasi Playstore, pilih menu Setting atau pengaturan, pada pojok kiri atas. Pilih menu "perbarui aplikasi secara gratis" atau "Auto-update apps", lalu pilih "perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi" atau "Auto-update apps over Wi-Fi only".

2. Simpan video offline dari YouTube melalui Wi-Fi

Anda mungkin memiliki aplikasi YouTube di ponsel Android. Aplikasi ini menampilkan video-video menarik dari seluruh penjuru dunia. Pastikan penyimpanan video offline hanya memakai Wi-Fi. Karena jika tidak, hanya akan memperboros kuota saja. Caranya, buka aplikasi YouTube, pilih menu pengaturan atau Setting pada pojok kanan atas. Pilih menu "Offline", aktifkan pilihan "tambahkan melalui Wi-Fi saja"/"add over Wi-Fi only".

3. Batasi penggunaan data

Anda bisa menghemat kuota denga membatasi penggunaan data internet tersebut. Dengan demikian, jika penggunaan data sudah melebihi batas yang Anda tentukan, ponsel Android akan memberikan notifikasi. Caranya mudah, Anda bisa buka menu "Setting" atau "pengaturan" pada ponsel Android.

Kemudian pilih menu "Data usage"/"penggunaan data". Pada menu tersebut Anda bisa menentukan batasan penggunaan data Anda.

Itulah cara menghemat kuota internet Anda. Meskipun jauh dari area hotspot, Anda tetap bisa menghemat kuota.

Baca juga artikel mengenai Deretan Smartphone Premium yang Banting Harga.


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE