K-Pop

3 Cara BTS Menginspirasi Perubahan Baik di Dunia

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 13 September 2021
3 Cara BTS Menginspirasi Perubahan Baik di Dunia
BTS menginspirasi dunia lewat aksi sosial. (Foto Vocal)

BOY band asal Korea BTS tak hanya dikenal dengan musik mereka. Aksi sosial mereka juga menarik perhatian warga dunia. Ya, terlepas dari kesuksesan global mereka, tahukah kamu bahwa mereka juga dermawan aktif?

Muali dari berdonasi untuk amal hingga memperjuangkan tujuan sosial, setiap anggota BTS telah mengambil inisiatif untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Aksi mereka juga telah menginspirasi ARMY untuk ikut ambil bagian.

Seperti dilansir Global Citizen, mereka telah mengumpulkan beberapa cara BTS menginspirasi orang lain untuk menciptakan perubahan abadi dalam perjuangan global. Berikut 3 cara BTS menginspirasi dunia untuk membawa perubahan.

BACA JUGA:

Belajar Bahasa Korea Gratis Bareng BTS, Mau?


1. Bermitra dengan UNICEF untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak

BTS
BTS bermitra dengan UNICEF. (Foto love-myself.org)


Sejak November 2017, BTS telah bermitra dengan Komite Korea dan Jepang UNICEF untuk meluncurkan Love Myself. BTS berupaya menggabungkan promosi grup tentang cinta diri dan kesehatan mental dengan kampanye UNICEF untuk #ENDViolence terhadap anak-anak.


BTS mendorong para penggemar untuk mengunggah foto diri mereka yang mempromosikan cinta diri di media sosial dengan tagar #BTSLoveMyself, serta menyumbangkan hasil dari kampanye ke UNICEF untuk mendukung korban kekerasan di sekolah, kekerasan dalam rumah tangga, dan kekerasan seksual.


Pada 2021, BTS memperbarui kampanye Love Myself untuk terus mendukung program pencegahan kekerasan dan membantu anak-anak dan remaja yang terkena dampak kekerasan di seluruh dunia.


2. Mendukung hak setiap orang untuk belajar

BTS
Jimin berdonasi untuk sekolah di Busan. (Foto Hellokpop)


Sejak 2016, Jimin telah memberikan beberapa sumbangan untuk mendukung pendidikan di Busan, tempat asalnya. Ia menyumbangkan uang dan kebutuhan sekolah (buku, seragam, dan sebagainya) untuk membantu siswa yang membutuhkan bantuan keuangan.

BACA JUGA:

Psikiater Bongkar Soal Kesehatan Mental di Lagu 'Magic Shop' Milik BTS

Namun, Jimin bukan satu-satunya anggota BTS yang mendukung hak anak-anak untuk mengejar pendidikan. Pada 2019, seperti dikabarkan Soompi, J-Hope juga menyumbangkan hampir 100 juta won (sekitar Rp 1 miliar) untuk beasiswa bagi siswa berpenghasilan rendah di Sekolah Menengah Komersial Jeonnam Girls di Korea Selatan.


3. Aktif menentang rasialisme

BTS
BTS ikut dukung Black Lives Matters. (Twitter @BTS_twt)

Setelah protes di seluruh dunia terhadap ketidakadilan rasialis pada Juni 2020, BTS mengambil tindakan. Selain berbicara tentang bahaya rasialisme, BTS memberikan sumbangan sebesar USD 1 juta (sebesar Rp 14 miliar) untuk Black Lives Matter, usaha mendukung inisiatif keadilan rasialis.

Awal tahun ini, BTS membuat pengumuman publik mengenai kebencian anti-Asia yang timbul dari pandemi COVID-19 dan pernyataan serta tindakan xenofobia yang menargetkan komunitas Asia di seluruh dunia. Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter, kelompok tersebut berbagi bagaimana rasialisme secara pribadi telah memengaruhi kehidupan mereka. Septet itu menyeruan pengakhrian ketidaktahuan dan kebencian terhadap orang-orang di mana-mana.(mic)

BACA JUGA:

Bukti Kepopuleran BTS Lewati Batas Persaingan

#K-Pop #Musik #BTS
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan