Wajib Tahu Nih, Lipstik Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan Lipstik dapat membahayakan kesehatan, lo (Foto: Pixabay/kaboompics)

KALAU membahas kosmetik untuk perempuan seakan tidak ada habisnya. Selalu saja ada yang baru baik dari segi merek, warna, maupun produk kosmetik tersebut. Salah satunya Lipstik.

Lipstik menjadi salah satu produk kosmetik yang pastinya tidak bisa dilewatkan bagi kaum hawa. Rasanya ada yang kurang jika tidak memakai benda mungil nan cantik ini.

Meskipun kecil, lipstik menjadi salah satu kosmetika yang paling sering digunakan kaum hawa. tahukah kamu bahwa penggunaan lipstik secara terus menerus dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan?

1. Bibir menghitam

Lipstik Berbahaya
Selalu rawat bibir kamu dengan perawatan rutin (Foto: Pixabay/annca)


Meskipun bukan suatu efek samping yang terlalu besar, namun jika dibiarkan terus menerus akan mengganggu penampilan kamu nih.

Lipstik pada dasarnya digunakan untuk mempercantik bibir agar tidak terlihat terlalu pucat, namun jika dipakai secara terus menerus dapat menyebabkan bibir menghitam, lo.

Kondisi menghitamnya bibir ini dikarenakan adanya pengendapan dari pigmen warna yang dimiliki oleh lipstik. Pengendapannya dapat berupa sel-sel kulit mati yang mengendap lama di bibir karena kurang bersih saat membersihkan lipstik.

Solusinya cukup mudah yaitu selalu pastikan membersihkan bibir secara menyeluruh, gunakan 'Micellar Water' kalau perlu dan sering menggunakan 'lip scrub' untuk bibir kamu agar tetap terlihat cerah.



2. Alergi

Lipstik Berbahaya
Lakukan tes beberapa kali untuk melihat efek samping (Foto: Pixabay/AdinaVoicu)


Berbagai macam merek serta warna lipstik yang dijual di pasaran pastinya memiliki kandungan yang berbeda pula. Sama dengan lipstik, kondisi tubuh kita juga berbeda-beda, makanya tak jarang penggunaan lipstik dapat membuat alergi pada tubuh.

Alergi yang dialami saat penggunaan lipstik sebenarnya karena kandungan pigmen dan juga bahan kimia lainnya yang tidak dapat diterima sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Solusinya cukup mudah yaitu dengan melihat secara detail bahan dari produk tersebut, serta cobalah untuk memakainya selama beberapa kali. Jika terjadi perubahan pada bibir seperti membengkak, gatal, pecah-pecah, hingga timbul bercak kemerahan, segera hentikan penggunaan liptstik tersebut.

3. Risiko kanker

Lipstik Berbahaya
Pastikan beli produk kosmetik asli ya (Foto Pixabay/StockSnap)


Meskipun bertujuan untuk mempercantik tubuh, kosmetik juga memiliki kandungan yang berbahaya jika tidak diperhatikan dengan baik. Kandungan yang berbahaya dalam lipstik berupa Merkuri dan Methylparaben.

Biasanya kandungan ini ada pada produk tiruan yang banyak dijual di pasaran yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Pada tahap terparahnya dapat memperbesar risiko kanker.

Solusinya cukup mudah yaitu pastikan membeli produk kosmteik yang asli bukan tiruan. (ver)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH