3 Alasan Mengapa Uang Tidak akan Membuat Anda Bahagia

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Jumat, 06 Maret 2015
3 Alasan Mengapa Uang Tidak akan Membuat Anda Bahagia
Orang yang bergelimang uang. (foto: ilustrasi/istimewa)

MerahPutih Kesehatan  - Kebanyakan orang menginginkan menjadi orang kaya yang bergelimang harta. Mereka berpikir bahwa dengan bergelimang harta, banyak uang, mereka akan hidup senang dan bahagia. Mereka bisa mendapatkan segala yang sesuatu yang mereka ingin.

Secara umum, orang akan merasa jika uang dapat mengendalikan dan benar-benar dapat merubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Mungkin seeorang akan mereasa percaya diri dan kuat saat memilki banyak uang. Namun, hal itu tidak akan dapat membuat seseorang bahagia seterusnya. (Baca: Kolam Bola Raksasa Penghilang Stres)

Ternyata banyak uang juga akan menimbulkan banyak masalah dihidup seseorang. Barang-barang branded, trendi yang mereka miliki hanya memberikan rasa senang sementara. Berikut beberapa alasan mengapa uang tidak akan membuat hidup seseorang bahagia, seperti yang dilansir oleh Amerikanki:

1. Stres

Uang adalah salah satu penyebab utama stres kronis. Di saat seseorang memilki banyak uang, mereka pasti akan selalu merasa di bawah tekanan. Orang-orang kaya banyak takut menjadi miskin, sementara sebagian besar orang sebagian orang miskin berusaha untuk menjadi kaya. Dan biasanya mereka yang berjuang ingin kaya dengan cepat. Caranya seperti berutang, memikirkan cara-cara baru untuk membuat hidup lebih banyak uang, padahal jika dicermati itu akan menimbulkan masalah dan buang-buang waktu, tenaga, dan kesehatan.

Stres kronis juga dapat menyebabkan kecemasan dan banyak masalah kesehatan lainnya. Apakah Anda masih berpikir uang akan membuat Anda lebih bahagia? Tentu, Anda perlu uang tetapi tidak menjadikan uang sebagai prioritas utama dalam hidup Anda.

2. Merusak hubungan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa uang adalah alasan terbesar dalam merusak hubungan. Memperebutkan uang adalah cara tercepat untuk mengakhiri persahabatan dan putus dengan seseorang yang Anda cintai. Misalnya, seperti hal kecil Anda meminjam uang dan lupa untuk mengembalikan sedangkan yang meminjamkan uang membiarkan Anda untuk membayarnya dengan kesadaran sendiri, jika terlalu lama hubungan bisa merenggang. Karena itu, uang menimbulkan masalah yang berkelanjutan dengan orang-orang di sekita Anda.

Jangan biarkan uang merusak hubungan Anda dengan orang tua, saudara, teman, pasangan atau rekan kerja. Jika Anda terobsesi dengan uang, cobalah untuk menyingkirkan obsesi ini. Ubahlah cara berpikir Anda tentang uang dan Anda akan merasa lebih bahagia dalam menjalin hubungan apapun. (Baca: Kiat-Kiat agar Hubungan Suami-Istri Tetap Harmonis)

3. Uang adalah adiktif

Uang memiliki kekuatan adiktif yang besar. Saat ini banyak orang yang kecanduan pada uang dan kecanduan ini seperti kecanduan obat atau kecanduan alkohol. Setiap hari Anda bangun dengan pikiran untuk mendapatkan lebih banyak uang hari ini dan pergi berbelanja ketika Anda tidak bahagia. Jika berpikir dengan berbelanja akan menghilangkan rasa sedih, Anda salah besar. Berbelanja atau menghabiskan banyak uang tidak akan membuat Anda merasa lebih baik. Jangan biarkan kecanduan uang mendikte hidup Anda. 

#Akibat Banyak Uang #Persoalan Keuangan #Masalah Keuangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan