3.500 Personel Amankan Jalan Sehat Bareng Jokowi di Kota Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 20 Januari 2023
3.500 Personel Amankan Jalan Sehat Bareng Jokowi di Kota Solo
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak 3.500 personel gabungan bakal mengamankan jalan sehat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/1).

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) pada 2023.

Baca Juga

Jokowi Hadiri Jalan Sehat Satu Abad NU, Polresta Surakarta Terjunkan 1.128 Personel

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, pengaman Presiden Jokowi tetap dilakukan sesuai protokol VVIP. Meskipun demikian kenyamanan Jokowi dan warga yang mengikuti acara juga diperhatikan.

"Presiden sosok yang dekat dengan masyarakat. Beliau tidak mau aparat keamanan menghalangi kedekatan presiden dengan masyarakat tetap jadi perhatian," kata Iwan, Jumat (20/1).

Ia menjelaskan personel gabungan berasal dari jajaran Polri dan Kodam IV/Diponegoro serta Korem 074/Warastratama Solo, akan melakukan pengaman jalur yang akan dilewati Presiden Jokowi dan rombongan. Cara jalan sehat akan dihadiri warga Warga Nahdliyin.

"Acara jalan sehat bersamaan dengan Car Free Day. Jadi kita harus melakukan pengamanan ekstra," ucap dia

Baca Juga

Gibran Kenang Masa Kecil Bersama Jokowi di Pasar Gede Solo yang Genap Berusia 93 Tahun

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo mengatakan kegiatan jalan sehat dimulai dari pukul 06.00 WIB. Rute jalan kaki dari Pura Mangkunegaran, ke barat melewati Jalan Ronggowarsito dan Jalan dr Sutomo hingga Jalan Slamet Riyadi.

Kemudian, berjalan ke timur di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro, hingga akhirnya berada di kawasan depan Pasar Triwindu.

"Sterilisasi jalur Jalan Ronggowarsito sudah mulai dilaksanakan pukul 04.00 WIB. Sedangkan untuk jalur di Slamet Riyadi (Gendengan-Gladak) untuk acara CFD," kata Ari.

Ia menambahkan pihaknya juga menyiapkan delapan area parkir yang tersebar dari sejumlah rute jalan sehat yakni Jalan Hasanudin, Jalan Dr Supomo, Jalan Dr Cipto, Jalan Bhayangkara, Jalan Museum, Jalan Imam Bonjol, dan Benteng Vastenburg.

Untuk memobilisasi para peserta dari luar kota, Dishub Solo juga telah menyiapkan sejumlah lokasi drop off ratusan bus yang akan membawa para peserta yang terbagi menjadi lima drop off. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Peringatan 1 Abad NU di Solo Dimeriahkan Jalan Sehat Bersama Presiden Jokowi

#Presiden Joko Widodo #Nahdlatul Ulama
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan