24 Warga Positif Corona, Ini Langkah Antisipatif Pemda DIY Ilustrasi: petugas medis membawa pasien terindikasi COVID-19 (Foto ANTARA)

MerahPutih.com - Jumlah pasien positif virus corona di wilayah DIY bertambah sebanyak enam orang. Total jumlah warga DIY yang terjangkit corona, hingga Senin (31/03), mencapai 24 orang.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menjelaskan, sebagian besar pasien tambahan telah berusia lanjut. Empat orang di antaranya warga Kabupaten Sleman.

Baca Juga:

Terinfeksi COVID-19, Tujuh Siswa Polisi Dibawa ke RS Kramat Jati

"Dua perempuan berusia 70 tahun dan 80 tahun. Dua lainnya laki-laki berusia 56 tahun, dan 36 tahun," jelas Berty melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa (31/03)

Satu pasien lainnya adalah warga berjenis kelamin laki-laki dari Kota Yogyakarta berusia 48 tahun, dan laki-laki berusia 37 tahun dari Kabupaten Bantul.

Total pasien yang meninggal dunia berjumlah tiga orang dan satu pasien dinyatakan sembuh.

Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)
Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 181 orang. PDP ini ada yang berstatus warga Yogyakarta dan bukan warga Yogyakarta, dan tengah dirawat di rumah sakit wilayah Yogyakarta. Delapan PDP di antaranya meninggal dunia.

"Ada yang hasil positif COVID-19 keluar sehari setelah pasien meninggal. Pasien itu merupakan warga Sleman," kata dia.

Sementara, jumlah orang dalam pengawasan (ODP) sudah mencapai sekitar 2.126 orang.
Semua kasus baik yang positif, PDP, OPD mempunyai riwayat perjalanan dari luar daerah Yogyakarta.

Baca Juga:

Pembatasan Sosial Skala Besar dianggap Tepat Sebab Minim Potensi Kegaduhan

Demi mencegah semakin bertambahnya pasien corona, pemerintah Daerah istimewa Yogyakarta tengah menyiapkan lokasi karantina khusus para pemudik. Lokasi ini akan menjadi tempat isolasi mandiri para pemudik yang memiliki gejala terjangkit COVID-19.

Kepala Dinas sosial DIY Untung Sukaryadi menjelaskan, masing-masing kabupaten dan kota akan memiliki minimal satu lokasi karantina.

"Jadi nanti minimal ada 5 tempat karantina di seluruh wilayah DIY. Masih kami persiapkan dan godok tempatnya," pungkas Untung. (Teresa Ika)

Baca Juga:

Pemprov DKI Buka Belanja Bahan Pokok Secara Online


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH