22 Rumah Rusak Terdampak Gempa Banten Sebuah rumah di kawasan Puncak, Bogor rusak akibat guncangan gempa Banten (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mendata ada 22 unit rumah dan fasilitas umun di tiga daerah Provinsi Jabar terdampak gempa magnitudo 7.4 yang mengguncang wilayah Banten pada Jumat malam (2/8).

Rumah serta fasilitas yang rusak antara lain di Kabupaten Bandung Barat ada empat unit rumah rusak ringan, satu unit rusak sedang dan satu unit rusak berat.

Baca Juga: Pasca Gempa, Warga Sumur Banten Mulai Mengungsi

"Di Kabupaten Sukabumi ada empat unit rumah rusak ringan, enam unit rumah rusak sedang, satu unit rumah rusak berat dan satu unit fasilitas umum rusak," ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, Sabtu (3/8).

Sementara, untuk Kabupaten Garut ada satu unit rumah rusak ringan dan tiga unit rumah rusak sedang akibat gempa pada tadi malam. Tiga daerah di Provinsi Jawa Barat terdampak gempa berkekuatan magnitudo 7.4 yang mengguncang wilayah Banten pada Jumat malam (2/8) pukul 19.03.21 WIB.

Warga lebih memilih tinggal di luar rumah pasca gempa Banten
Warga di beberapa daerah yang terdampak masih memilih tinggal di luar rumah pasca gempa Banten (Foto: antaranews)

Ketiga tiga daerah di Jawa Barat yang terdampak gempa ialah Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bandung. Di Kabupaten Bandung Barat ada tiga kecamatan yang terdampak gempa.

Sedangkan di Kabupaten Sukabumi ada enam kecamatan yang terdampak gempa dan di Kabupaten Garut ada tiga kecamatan yang terdampak.

Baca Juga: 4 Tips yang Harus Kamu Ingat ketika Gempa Disusul Peringatan Tsunami

Menurut Budi, sebagaimana dikutip Antara, koordinasi antara pihaknya dan BPBD kabupaten kota terus dilakukan dan hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

"Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG atau PVMBG," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH